Menemani akhir pekan, izin share review smartband yang satu ini ya...

Artikel di blog (foto lebih lengkap):
http://www.gontagantihape.com/2016/08/mini-review-xiaomi-mi-band-2-indonesia.html

Unboxing + Hands-on Video:
*https://www.youtube.com/watch?v=XjPfWdIt7pY
<https://www.youtube.com/watch?v=XjPfWdIt7pY>*

------------------

[image: review xiaomi mi band 2 indonesia gontagantihape banggood]
<https://4.bp.blogspot.com/-8ty8LNS_o3s/V656oFhGtsI/AAAAAAAAFlw/uiDwP2pkTgkYhenJYD1yBfgIg5EJ_RH5QCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_050_review_xiaomi_mi_band_2-011.jpg>

Saya sangat *excited* saat mengetahui generasi Xiaomi Mi Band selanjutnya
sudah memiliki layar dan dapat menampilkan waktu. Ya, buat saya sebuah
*wearable* yang dikenakan di pergelangan tangan haruslah mampu membuat saya
mengesampingkan jam tangan. Karena *ribet aja* kalau pakai *smartband*,
tapi masih pakai jam tangan juga.

Dan yang penting buat saya, sebuah *smartband* harus tahan air, supaya ga
perlu saya lepas-lepas di kala wudhu. Alasannya sih sederhana, biasanya
kalau sudah dilepas dan masuk saku atau saya taruh di meja, seringkali lupa
saya gunakan kembali.

Saat saya *chatting* dengan seorang teman membahas *gadget*, Xiaomi Mi Band
2 tak luput jadi bahan obrolan. Teman saya yang juga penikmat *gadget*,
lebih memilih menunda membeli Mi Band 2 karena harga jual di Indonesia
masih terbilang tinggi. Ya, harganya di pasaran Indonesia saat ini masih
sekitar Rp 600.000,- bahkan lebih.

Rezeki anak sholeh, sewaktu senggang saya menyempatkan membuka-buka *folder
spam* di *e-mail*. Dan ada satu *e-mail* dari Banggood.com
<http://goo.gl/ET1241> yang menawarkan kerjasama, di mana mereka akan
mengirimi saya *free sample product* untuk *di-review*, dan produk pertama
yang mereka kirimkan adalah... Coba tebak!

Hahaha, ya benar... Xiaomi Mi Band 2! Ini dia yang namanya pucuk di cinta,
ulam pun tiba!

Dalam waktu dua minggu saja, kiriman dari Banggood sudah saya terima di
Cimahi. Saya hanya perlu membayar biaya pelabuhan sebesar RP 20.000,-
kepada Pak Pos yang datang mengantarkan paket. Kebijakan baru katanya,
soalnya setahu saya dulu biayanya hanya Rp 7.000,-.

Unboxing Xiaomi Mi Band 2

Tak sabar saya pun segera membuka kotak yang berisi Xiaomi Mi Band 2 ini,
proses *unboxing *ini saya abadikan melalui video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=XjPfWdIt7pY

Bagaimana kesannya setelah melihat penampakan langsung Xiaomi Mi Band 2
pada video di atas? Jika Anda tertarik, Anda bisa membeli Xiaomi Mi Band 2
ini lebih murah di *Banggood.com* dengan memasukkan kode voucher: *Ivanmi2
(DISKON 20% lho!)* saat melakukan pembelian Xiaomi Mi Band 2 di Banggood
<http://goo.gl/gP2ZMX>.

Oke lanjut ke penampakan sang *smartband* dalam sajian foto ya, berikut ini
saya sertakan foto-foto yang sempat saya ambil saat *unboxing*.

[image: review xiaomi mi band 2 indonesia gontagantihape banggood]
<https://3.bp.blogspot.com/-TMhZ076vQlI/V65pumNZPzI/AAAAAAAAFk4/7LldwFP1zM8JhlO9z5kpTRuO6qYkE0dsQCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_050_review_xiaomi_mi_band_2-014.jpg>

Xiaomi Mi Band 2 - kelengkapan dalam paket penjualan

[image: review xiaomi mi band 2 indonesia gontagantihape banggood]
<https://3.bp.blogspot.com/-GJ1Q1lwSRDE/V65puazxd-I/AAAAAAAAFk0/J7PFv_6hODEv3NoUs84bsTwRPjcBQ0VwwCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_050_review_xiaomi_mi_band_2-010.jpg>

Xiaomi Mi Band 2 - tampak depan

[image: review xiaomi mi band 2 indonesia gontagantihape banggood]
<https://4.bp.blogspot.com/-mbzk_Q2I5J8/V65ptxwf_CI/AAAAAAAAFkw/iaYk2fkbOpUujPzzWbfnIbWUeuLP8cregCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_050_review_xiaomi_mi_band_2-009.jpg>

Xiaomi Mi Band 2 - tampak samping

Xiaomi Mi Band 2 - lubang dan pengunci

Xiaomi Mi Band 2 - bagian dalam

Sejak menerima paket Xiaomi Mi Band 2 ini, maka *smartband* abal-abal yang
sebelumnya saya pakai pun resmi pensiun, hehe.

Kesan pertama menggunakan Xiaomi Mi Band 2 ini rasanya terlihat keren ada
gelang hitam yang nampak misterius di pergelangan tangan. Ukurannya yang
cukup ringkas menjadi salah satu keunggulan *smartband* yang satu ini.
*Strap *karetnya terasa nyaman di kulit, dengan sistem penguncian yang
membuatnya takkan mudah lepas.

Modul utama Xiaomi Mi Band 2 dapat dilepas dari *strap*-nya. Dorong ke arah
bawah untuk melepasnya. Anda akan butuh melepaskan modul utama ini saat
hendak mengisi ulang daya baterai *smartband* ini. Pasangkan ujung modul
yang memiliki konektor logam pada *dock charger*-nya, lalu Anda dapat
mencolokkan *dock* ini pada kepala *charger *atau *port *USB pada *laptop *atau
komputer Anda.

[image: review xiaomi mi band 2 indonesia gontagantihape banggood]
<https://4.bp.blogspot.com/-Cl4_wBkdToU/V653mntBAjI/AAAAAAAAFlc/9jSuk5tAb20x4mvY3hR_6YImniCw4SHEgCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_050_review_xiaomi_mi_band_2-006.jpg>

Xiaomi Mi Band 2 - modul utama terpisah dari *strap* karetnya

[image: review xiaomi mi band 2 indonesia gontagantihape banggood]
<https://1.bp.blogspot.com/-bh2YnRJ_gcI/V653mtbFaII/AAAAAAAAFlY/4imNekzCd9EY-mN6ltfkPk0aEMelUwicQCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_050_review_xiaomi_mi_band_2-005.jpg>

Xiaomi Mi Band 2 - penampakan modul utama

[image: review xiaomi mi band 2 indonesia gontagantihape banggood]
<https://1.bp.blogspot.com/-Y3GAOT04bCU/V653mYTlLpI/AAAAAAAAFlU/k-1OWOEhmaUQF4o0eAMWdZ9L7RayKUNngCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_050_review_xiaomi_mi_band_2-004.jpg>

Xiaomi Mi Band 2 - sensor detak jantung

Xiaomi Mi Band 2 - konektor *charger*

Xiaomi Mi Band 2 - *dock charger*

Xiaomi Mi Band 2 - siap di-*charge*!

Berbicara soal *strap *karetnya, Xiaomi Mi Band 2 ini mempunyai banyak
pilihan warna. Kita dapat membelinya secara terpisah dengan harga kurang
lebih $3.

Memang untuk urusan tampilan, Xiaomi Mi Band 2 ini rasa-rasanya jadi
*smartband* yang mengasyikkan. Selain bisa gonta-ganti warna, terpisahnya
modul utama dengan talinya menjadi salah satu kelebihan. Seringkali jam
tangan kita kan bermasalah pada talinya, usang lah, putus lah, cantolan
penguncinya lepas lah, dan lainnya.

Bayangkan jika gara-gara talinya rusak, lalu *smartband* Anda jadi tak
terpakai sama sekali! Malas bukan?

Salah satu keunggulan Xiaomi Mi Band 2 lainnya adalah hadirnya sensor
pengukur detak jantung alias *heartrate* sensor. Pada saat saya coba
mengukur detak jantung saya, prosesnya berlangsung cukup singkat, namun
tidak terus menerus. Maksudnya, *smartband* ini hanya dapat mengukur detak
jantung pada satu waktu saja, tidak secara kontinyu memantau naik turunnya
detak jantung.

Penggunaan Xiaomi Mi Band 2 Sehari-hari

Xiaomi Mi Band 2 mempunyai banyak fitur. Saya bagi dua fiturnya ya, antara
fitur yang dapat diakses langsung dari layar *smartband* ini, dan fitur
yang hanya dapat dilihat dari aplikasi Mi Fit yang harus Anda pasang di
*smartphone* Anda dan dihubungkan dengan Mi Band 2 melalui koneksi
*bluetooth*.

Tanpa terkoneksi dengan *smartphone*, maka Xiaomi Mi Band 2 dapat berfungsi
sebagai:

   1. Penunjuk waktu alias jam tangan. Tidak ada tanggal yang ditampilkan,
   dan angka jam dalam format 12 jam, bukan 24.
   2. Penghitung langkah alias *pedometer*.
   3. Pengukur detak jantung alias *heartrate*.

Nah, untuk menghubungkan Xiaomi Mi Band 2 dengan *smartphone* Anda, caranya
cukup mudah. *Install* aplikasi Mi Fit dari PlayStore, buka aplikasi lalu
lakukan *pairing*. Untuk Android seri terbaru, pastikan aplikasi Mi Fit
sudah mendapat hak akses atau *permission* ke berbagai hal yang dibutuhkan.
Dekatkan Mi Band 2 dengan *smartphone* Anda hingga otomatis terdeteksi.

Setelah *smartband* dan *smartphone* Anda terhubung, maka fitur-fitur yang
dapat Anda akses adalah:

   1. Pengaturan informasi pengguna dan target yang ingin dicapai.
   2. Pengukur kualitas tidur.
   3. Statistik harian detak jantung, jumlah langkah, kalori terbakar, dan
   jarak yang telah ditempuh.
   4. Pengaturan notifikasi telepon masuk.
   5. Pengaturan notifikasi alarm.
   6. Pengaturan notifkasi aplikasi.
   7. Pengaturan notifkasi pemberitahu jika kita diam terlalu lama.
   8. Data sisa daya baterai.

Saya sendiri mengatur agar notifikasi telepon, sms, Whatsapp, Gmail, dan
adzan agar diteruskan oleh *smartphone* saya ke Xiaomi Mi Band 2. Untuk
Whatsapp, Xiaomi Mi Band 2 sudah dapat menampilkan ikon Whatsapp saat ada
notifikasi masuk, sementara aplikasi lain hanya ikon bertuliskan App saja
yang dimunculkan. Notifikasi pada Xiaomi Mi Band 2 berupa getaran saja ya,
karena *smartband* ini tidak dapat mengeluarkan suara.

Dengan *bluetooth* yang selalu menyala dan terhubung ke *smartphone*, dalam
pemakaian selama enam hari sejak pertama saya isi daya penuh hingga saat
saya menulis review ini, baterai Xiaomi Mi Band 2 yang tertera pada
aplikasi menunjukkan sisa daya yang masih sebesar 84%! Ini keren!

Untuk mengakses atau menyalakan layar Xiaomi Mi Band 2 cukup dengan
menyentuh tombol kapasitif bulat pada layarnya. Begitupun jika ingin
berganti menu ke penghitung langkah atau pengukur detak jantung, cukup
sentuh lagi saja. Pengoperasian Xiaomi Mi Band 2 sangat sederhana, cuma
dengan sentuhan biasa, tidak ada sentuh dan tahan ataupun cara lainnya.

Saya pikir seandainya Xiaomi Mi Band 2 memiliki *accelerometer* agar bisa
menyala otomatis saat kita mengangkat lengan untuk melihat jam, maka
*smartband* ini akan terasa sempurna!

Plus dan Minus Xiaomi Mi Band 2Kelebihan Xiaomi Mi Band 2

   1. Ringkas dan nyaman di tangan.
   2. Sudah ada layar, sehingga berfungsi sebagai jam tangan juga.
   3. Sudah ada *heartrate* sensor alias pengukur detak jantung, dan proses
   pengukurannya cepat.
   4. *Strap* alias tali yang dapat diganti-ganti.
   5. Adanya fitur pengingat apabila kita terlalu lama duduk atau diam.
   6. Sudah bisa menampilkan ikon Whatsapp, sehingga kita bisa membedakan
   notifikasi yang masuk.
   7. Baterai yang terasa awet (meskipun belum saya gunakan sampai habis
   baterainya).

Kekurangan Xiaomi Mi Band 2

   1. Belum tersedia resmi di Indonesia, saat ini bisa dibeli di
   Banggood.com.
   2. Harga Mi Band 2 tak resmi yang masih mahal di sini.
   3. Belum adanya *accelerometer*, jadi untuk melihat jam tangan harus
   selalu menyentuh tombol kapasitif.
   4. Fitur yang ditampilkan pada layar *smartband* hanya sedikit, sisanya
   harus dilihat di *smartphone*.
   5. Tanpa koneksi dengan *smartphone*, kita tak bisa mengetahui sisa
   baterai Xiaomi Mi Band 2.
   6. Layar tanpa lapisan pelindung, jadinya kita akan butuh membeli *screen
   protector*, artinya tambahan uang lagi.

Apa Kata Aa tentang Xiaomi Mi Band 2

Nampaknya era *wearables* dengan harga cukup terjangkau akan segera
dimulai. Dan Xiaomi Mi Band 2 bisa jadi salah satu pemimpin pasar nantinya
menurut saya. Bagaimana tidak, dengan harga sekitar $30-an saja, kita sudah
dapat memiliki sebuah gelang pintar yang dapat berfungsi sebagai jam
tangan, *activity tracker*, pengingat notifikasi, dan pengukur detak
jantung.

Asalkan di Indonesia sudah dijual dengan harga yang lebih sesuai, saya
pikir Xiaomi Mi Band 2 ini akan dengan mudah diserap pasar. Ditunjang
dengan aplikasi Mi Fit yang penuh fitur, rasanya klop deh *smartband* ini
untuk digunakan.

Atau Anda mau menantikan dulu *review* saya terhadap sebuah *smartband* OEM
yang disebut-sebut akan jadi Mi Band 2 *killer* ini? Semoga minggu depan
proses pengujian sudah saya selesaikan ya.

[image: review xiaomi mi band 2 indonesia gontagantihape banggood]
<https://4.bp.blogspot.com/-bwnPdhOJyUc/V656WEXcPBI/AAAAAAAAFlo/Jil9gFD4pIAkfPcXTeK4PuRiI_pjlN3EwCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_050_review_xiaomi_mi_band_2-013.jpg>

Mi Band 2 versus 'Pembunuh'-nya?

Terima kasih banyak saya ucapkan untuk Banggood.com yang sudah
memberikan *sample
product* cuma-cuma untuk saya *review*.

Nah, jika Anda kesulitan menemukan Xiaomi Mi Band 2 dengan harga yang lebih
murah, silakan cek penawaran dari Banggood.com berikut ini ya. Jangan lupa
gunakan *kode voucher Ivanmi2* untuk mendapatkan *diskon 20%* pada produk
Xiaomi Mi Band 2 yang dijual Banggood <http://goo.gl/gP2ZMX>.

Sekian *review* singkat kali ini, semoga bermanfaat ya!

Hilmy
/* saya suka Gonta Ganti Hape <http://www.gontagantihape.com> */