Izin share review singkat smartphone yang turun banget harganya ini ya...

Artikel di blog (foto lebih lengkap):
*http://www.gontagantihape.com/2016/08/mini-review-blaupunkt-sonido-x1-benar.html
<http://www.gontagantihape.com/2016/08/mini-review-blaupunkt-sonido-x1-benar.html>*

Hasil Kamera:
http://www.gontagantihape.com/2016/08/hasil-foto-menggunakan-kamera-blaupunkt-sonido-x1-plus.html

Unboxing + Hands-on Video:
*https://www.youtube.com/watch?v=wAp_f5Tm55E
<https://www.youtube.com/watch?v=wAp_f5Tm55E>*

------------------

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://1.bp.blogspot.com/-SUXgK8LqIk4/V7JEmdcPx0I/AAAAAAAAFpA/CF8yK7EAPLEyfTQqJO1F1DqMhFK9qDfXgCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_043_review_blaupunk_sonido_x1_plus_009.jpg>

Lagi-lagi akibat iseng lihat salah satu *e-commerce*, masuk ke kategori
*smartphone*, lalu urutkan berdasarkan *upload* terbaru. Jadi lihat deh
Blaupunkt Sonido X1+ yang terakhir saya tahu dijual di angka empat juta
Rupiah, kini dipangkas habis hingga hanya setengahnya saja. Ya, sudah
banyak yang menjual di angka dua juta Rupiah saja, ditambah diskon
*e-commerce* yang saya kunjungi itu, jadinya cuma 1,8 jutaan saja.

Keisengan berlanjut, saya lalu membandingkannya dengan harga di sebuah
*marketplace* lokal kenamaan. Di sinilah keisengan berujung pada
berkurangnya saldo rekening. Ada satu penjual yang memasang harga Rp
1.699.000,- saja! Wow! Spesifikasi yang belum terlalu usang, *brand* yang
sudah punya nama di dunia *car audio*, ditambah bonus *headphone*, jadi
alasan utama saya rela mengeluarkan token Mandiri saya dan membayarnya.

Cerita berlanjut, penjual yang sempat berjanji untuk kirim barang pada hari
yang sama ternyata ingkar, PHP kalau menurut bahasa anak jaman sekarang
mah. Bayar di Hari Jumat, barang baru dikirimnya pada Hari Selasa di minggu
berikutnya, tepat pada hari terakhir sebelum transaksi dibatalkan secara
otomatis oleh *marketplace* tersebut.

Sudah jatuh, tertimpa tangga, tangga berjalan pula. Sudah telat, resi
pengiriman yang diberikan tak bisa ditelusuri pula, makin lah deg-degan
saya dibuatnya. Setelah saya komplain kepada penjual, barulah dikoreksi,
rupanya ada dua buah angka yang tertukar posisinya. Pasca koreksi, resi
sudah dapat dicek dengan baik.

Saat dua hari kemudian paket diterima, rupanya masalah belum juga berhenti.
Penjual mengirimkan produk berwarna *Midnight Blue* alias Biru, padahal
jelas dicantumkan di pemesanan bahwa saya menginginkan warna putih. Ampun
deh! Karena sudah sangat malas, saya tidak melakukan protes maupun meminta
tukar, biarlah ulasan dan penilaian saya terhadap sang penjual di
*marketplace* tersebut menjadi cambuk untuk lebih membenahi cara
berdagangnya. *Unbox* saja deh!

Unboxing Blaupunkt Sonido X1+

*https://www.youtube.com/watch?v=wAp_f5Tm55E
<https://www.youtube.com/watch?v=wAp_f5Tm55E>*

Pada video di atas, selain mengabadikan proses *unboxing*, saya sekaligus
merangkum kemampuan multimedia dari Blaupunkt Sonido X1+ dengan menguji
kemampuannya bermain *game*, memutar musik, dan mengambil gambar
menggunakan kameranya.

Seperti biasa saya sertakan juga gambar-gambarnya di bawah ini. Kotak
kemasan Blaupunkt Sonido X1+ sangatlah besar, untuk mengakomodasi
keberadaan *headphone* Blaupunkt BP-102 di dalamnya. Kotak putih yang
berada di dalamnya berbahan tebal, dengan tambahan busa pengaman menempel
di bagian tutupnya. Singkat kata, packagingnya mantap dan lengkap. Dalam
paket penjualannya, diberikan pula *pouch* kain untuk *headphone*, serta
lap pembersih layar.

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://1.bp.blogspot.com/-rb464Seiu4A/V7JFXGfxqLI/AAAAAAAAFpU/h81vvWLJv7AmihKy3YFZbCdZ7ov9j6BtACLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_043_review_blaupunk_sonido_x1_plus_015.jpg>

Blaupunkt Sonido X1+, kotak penjualan

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://4.bp.blogspot.com/-mYSSiV1kGE8/V7JFXQvWASI/AAAAAAAAFpQ/8SrxO8mvGP4b-1PYdqlCLdTfTBZsUDT7ACLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_043_review_blaupunk_sonido_x1_plus_014.jpg>

Blaupunkt Sonido X1+, ada kotak lagi di dalamnya

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://3.bp.blogspot.com/-7IwaHFe2jBs/V7JFWkGBOZI/AAAAAAAAFpE/EOCx2TFBLZ0LrGtd3IhyA-dNgryv3jD9QCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_043_review_blaupunk_sonido_x1_plus_013.jpg>

Blaupunkt Sonido X1+, kelengkapan paket penjualan

Blaupunkt Sonido X1+, kinclong!

Blaupunkt Sonido X1+, kepala *charger* dengan arus 1A

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://2.bp.blogspot.com/-0_deyT_LfFc/V7JGS-mF0aI/AAAAAAAAFqQ/kig5MMTByIopX0J-YH3lDmSAQUssd3ebACLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_043_review_blaupunk_sonido_x1_plus_004.jpg>

Blaupunkt Sonido X1+, *backcover doff*

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://3.bp.blogspot.com/-WjKPSN8uHfI/V7JGSk_lhFI/AAAAAAAAFqI/7ftZa12dsyk-44vrZxRKUMnbcpE6LOH5gCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_043_review_blaupunk_sonido_x1_plus_005.jpg>

Blaupunkt Sonido X1+, sisi atas

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://2.bp.blogspot.com/-7zTkKBuf8nM/V7JGS-ROf1I/AAAAAAAAFqM/VQ1e3-nyxDMrvtVYIEjAbvmxcmpDzVVugCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_043_review_blaupunk_sonido_x1_plus_006.jpg>

Blaupunkt Sonido X1+, sisi kanan

Blaupunkt Sonido X1+, sisi bawah

Blaupunkt Sonido X1+, sisi kiri

Blaupunkt Sonido X1+, *slot* kartu yang lengkap

Blaupunkt Sonido X1+, *loudspeaker*-nya dua tapi ga sepanjang di backcover

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://4.bp.blogspot.com/-9pOYNAcqPgc/V7JGR4PLznI/AAAAAAAAFp8/A4Q0mWghQpQ1iAVw4TKB7bC65x8yuSB1QCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_043_review_blaupunk_sonido_x1_plus_001.jpg>

Blaupunkt Sonido X1+, baterai 3.000 mAh yang dapat dilepas

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://4.bp.blogspot.com/-LtPHwM9hmrc/V7JFYHQIdSI/AAAAAAAAFpc/kWl69PSPAW0m1aW4Cu_0GkqNA_jzsjx4ACLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_043_review_blaupunk_sonido_x1_plus_019.jpg>

Blaupunkt Sonido X1+, *headphone* keren

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://2.bp.blogspot.com/-VadxR88-DYM/V7JFY3WCeTI/AAAAAAAAFpo/wWmhKI1DoekrLH_3d85cs5rq06sXHRUtQCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_043_review_blaupunk_sonido_x1_plus_021.jpg>

Blaupunkt Sonido X1+, logo tercetak jelas

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://1.bp.blogspot.com/-Hip6Psh_tg0/V7JFY6ia3nI/AAAAAAAAFps/6TTNmm6eFBk7JwMyeTHNVVw9T3Z2Kpo3QCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_043_review_blaupunk_sonido_x1_plus_020.jpg>

Blaupunkt Sonido X1+, busa penutup telinga teksturnya terasa seperti kulit

Blaupunkt Sonido X1+, ada *media controller*

Blaupunkt Sonido X1+, ada *microfon*-nya

Blaupunkt Sonido X1+, dapat dilipat!

Blaupunkt Sonido X1+ dalam Pemakaian Sehari-hari

Sebelumnya, saya informasikan dulu bahwa Blaupunkt Sonido X1+ ini tak
pernah saya gunakan sebagai *daily driver*. Ketiadaan akses jaringan 4G
pada *smartphone* ini jadi alasan utama, mengingat kuota internet seluler
saya kebanyakan sisa untuk jaringan 4G saja.

Pun begitu, saya tetap pasangkan aplikasi-aplikasi yang biasa saya gunakan,
seperti aplikasi *chat* (BBM), media sosial (Path, Twitter, Instagram), dan
beberapa *games*. Hasilnya dengan notifikasi yang lancar bermunculan,
baterai Blaupunkt Sonido X1+ ini selalu bisa diajak bertahan mengarungi
kerasnya kehidupan, minimal 24 jam.

Ada dua hal yang membuat saya teramat takjub dengan *smartphone* ini.

Pertama adalah suara. Kalo yang ini sih wajar mungkin ya, kan memang
namanya *Soundphone*. Meskipun ternyata kualitas *audio*-nya baru terasa
istimewa apabila menggunakan *headphone* atau *earphone* saja. Sementara
jika menggunakan *loudspeaker* bawaan, rasanya masih banyak *smartphone* lain
yang mampu memproduksi suara yang lebih indah.

Dibandingkan dengan Vivo V3
<http://www.gontagantihape.com/2016/07/review-vivo-v3-indonesia-gak-overprice.html>
yang
saat itu sedang saya miliki juga, kualitas *loudspeaker *Blaupunkt Sonido
X1+ ini masih sedikit tertinggal.

Yang kedua ini mungkin tak disangka-sangka, layar! Sekilas tak nampak ada
yang istimewa dengan layar Blaupunkt Sonido X1+ ini. Kinclong sih memang,
tapi lapisan kacanya yang reflektif membuat warna nampak mudah redup
seandainya kecerahan layar kita atur kurang tinggi. Jadi apanya dong?

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://1.bp.blogspot.com/-yEk6MKnXDoQ/V7JGKof8zXI/AAAAAAAAFp0/T7ZuhcmuFZErcA4zMpF4Nlsa0K3ab_9yQCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_043_review_blaupunk_sonido_x1_plus_010.jpg>

Blaupunkt Sonido X1+, Layar ngejreng!

Tunggu hingga Anda coba mainkan video dengan resolusi dan *framerate* tinggi.
Anda akan menemukan bahwa menonton video menggunakan Blaupunkt Sonido X1+
terasa seperti sedang mengunjungi gerai Electronic City di mal, lalu
melihat *display unit* dari TV besar yang selalu memutar video animasi
dengan resolusi tinggi.

Saat saya coba dengan film animasi 3D Ice Age, setiap adegannya terasa
begitu hidup. Lalu saya mencoba memutar film non-animasi, The Revenants,
dan hasilnya pun tak kalah mencengangkan. Gerakan para aktor di film terasa
sangat nyata, dan jarak antar obyek terasa sangat jelas.

Entah apa yang membuat pengalaman memutar video pada Blaupunkt Sonido X1+
ini jadi terasa begitu hidup. Memang *processor* yang mengotaki
*smartphone* ini
sudah punya fitur MiraVision, tapi bukankah Xiaomi Redmi Note juga
menggunakannya? Apakah benar kata orang kalau ROM MIUI membuat MiraVision
ini tak berjalan dengan baik? Entahlah, saya cuma merasa pengalaman
menonton video sehidup ini baru kali ini saya temukan pada sebuah
*smartphone*.

Jadilah Blaupunkt Sonido X1+ ini sebagai perangkat yang sangat cocok
digunakan untuk kebutuhan multimedia. Tadinya saya bermaksud menyimpan
*smartphone* yang satu ini untuk jadi *collectibles*, tapi karena ada
kebutuhan lain, maka pada akhirnya nasibnya sama seperti kebanyakan
*gadget* saya
lainnya, dilego, he.. he..

Informasi Hardware Blaupunkt Sonido X1+

Berikut adalah informasi mengenai *hardware *dari Blaupunkt Sonido X1+ yang
dihasilkan menggunakan beberapa aplikasi.

AIDA64:

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://2.bp.blogspot.com/-xxI_cbUIQZo/V7JHFdzzctI/AAAAAAAAFqg/UFlUQIvM0Ek6MXLbj_l3fmEniIwtVom4QCLcB/s1600/Screenshot_2016-07-22-10-57-11.png>[image:
review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://4.bp.blogspot.com/-AVPH_Njyh4w/V7JHFlhNhkI/AAAAAAAAFqk/AknFGktCY1AsVmWoY9qBgLJbGSf68zkzACLcB/s1600/Screenshot_2016-07-22-10-57-18.png>

CPU-Z:

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://4.bp.blogspot.com/-A6PhYdtHJpE/V7JHHNjbIwI/AAAAAAAAFq4/-aqm4rm5N-c9nfpS6epjZMImqWWVS2VzACLcB/s1600/Screenshot_2016-07-22-10-58-06.png>[image:
review blaupunkt sonido X1+ Indonesia]
<https://1.bp.blogspot.com/-auwGUsFHYns/V7JHHeVGyaI/AAAAAAAAFq8/kMQQGNWp8sMZJs6A41YrsDtP9YVjjo6-ACLcB/s1600/Screenshot_2016-07-22-10-58-12.png>

 Sensor Box for Android:

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia, Blaupunk Sonido X1+,
Kelengkapan Sensor]
<https://4.bp.blogspot.com/-XYD180OV4Lo/V7JHJAXCjJI/AAAAAAAAFrU/TI-t5g_Paqgn-jPgv2ZtAs5Yl8MLTn-YQCLcB/s1600/Screenshot_2016-07-22-10-58-42.png>

Blaupunk Sonido X1+, Kelengkapan Sensor

Antutu Benchmark:

[image: review blaupunkt sonido X1+ Indonesia, Skor Antutu Benchmark]
<https://3.bp.blogspot.com/-6qOeltLRTfM/V7JHI4PZsXI/AAAAAAAAFrM/DfOMe50PUEEjfEWpCVHA39v01JG3JfKkwCLcB/s1600/Screenshot_2016-07-22-11-04-02.png>

Blaupunk Sonido X1+, Skor Antutu Benchmark

Blaupunk Sonido X1+, Detail Skor Antutu Benchmark

Hasil Foto menggunakan Kamera Blaupunkt Sonido X1+

Kamera Blaupunkt Sonido X1+ secara umum tidaklah istimewa. Silakan cek
langsung hasilnya pada artikel hasil foto menggunakan kamera Blaupunkt
Sonido X1+
<http://www.gontagantihape.com/2016/08/hasil-foto-menggunakan-kamera-blaupunkt-sonido-x1-plus.html>
 ini.

Plus dan Minus Blaupunkt Sonido X1+
Kelebihan Blaupunkt Sonido X1+

   1. Harganya kini sudah jauh lebih masuk akal.
   2. Pada paket penjualan sudah mendapat *headphone* dengan kualitas yang
   istimewa.
   3. Layar yang terasa sangat hidup.
   4. Kualitas *audio* ditunjang dengan *software* yang baik.
   5. Baterai cukup besar dan awet.
   6. *Dual-sim* dengan *slot micro*-SD *dedicated.*

Kekurangan Blaupunkt Sonido X1+

   1. Mentok di KiKat dan jaringannya maksimal 3G.
   2. Kualitas kamera standar.
   3. *Audio* melalui *loudspeaker* tak seindah saat menggunakan
   *headphone.*
   4. Jeroan yang sudah mulai ketinggalan, maklum ini sebetulnya dirilis
   setahun yang lalu.

Apa Kata Aa tentang Blaupunkt Sonido X1+

Buat Anda yang sedang mencari *smartphone* kedua untuk kebutuhan
multimedia, terutama memutar lagu dan video, Blaupunkt Sonido X1+ bisa jadi
salah satu alternatif yang baik. *Brand*-nya cukup eksklusif lho buat para
penikmat *audio*, sudah dapat *headphone* bagus pula. Cocok kalau untuk
dikoleksi.

Namun saya tak dapat menyarankan *smartphone* ini bagi yang sedang mencari
*smartphone* utama, karena selain jaringannya maksimal hanya 3G, Blaupunkt
Sonido X1+ juga OS-nya masih Android 4.4 Kitkat. Sempat mendapat satu
kali *update
software*, tapi masih di kitkat dan melihat tanggal versi *update*-nya itu
sudah lama. Saya sangsi Blaupunkt masih memberi dukungan untuk produk
*smartphone* mereka.

Atau mau ikutan kaya saya? Beli sepaket, *headphone*-nya dipakai,
*smartphone*-nya dijual kembali! He.. he.. Bebas ya, semuanya saya
kembalikan kepada Anda. Demikian *mini review* kali ini, semoga memperkaya
khazanah kita soal *gadget* ya.

Hilmy
/* saya suka Gonta Ganti Hape <http://www.gontagantihape.com> */