Setelah sekitar dua minggu libur mampir ke kantor RPX/FedEx, tadi siang
saya mengirimkan ponsel LG X Screen via RPX Surabaya.

Ternyata, kini ada aturan baru yang diberlakukan sejak adanya edaran FAA
terkait kasus Samsung Galaxy Note 7. Garis besar aturan barunya sebagai
berikut:

1. Pengiriman gawai (gadget) yang dilengkapi baterai, baik baterai tanam
atau baterai removable, tidak bisa menggunakan transportasi udara.
Pengiriman hanya dapat dilakukan dengan menggunakan jasa transportasi
darat.

Contoh gawai yang terkena peraturan tersebut:
* Ponsel
* Tablet
* Power bank

Contoh gawai yang tidak terkena peraturan di atas:
* Charger
* Kabel data
* Modem USB

Yang statusnya tidak saya ketahui karena tadi lupa saya tanyakan:
* Smartwatch --> di dalamnya kan ada baterai.
* Headset bluetooth

2. Karena menggunakan transportasi darat, waktu pengiriman menjadi lebih
lama. Saya berikan satu contoh nyata. Pengiriman ponsel dengan layanan
midday dari Surabaya ke Jakarta biasanya akan tiba dalam satu hari kerja.
Kini estimasi kedatangan menjadi tiga hari kerja. Paling cepat dua hari
kerja.

Saya tak tahu bagaimana skenarionya umpama saya mengirimkan ponsel,
misalnya, dari Surabaya ke Balikpapan. Di titik tertentu kan tidak bisa
pakai jalur darat.

3. Tarif pengiriman yang berlaku tidak mengalami perubahan.

4. Bagaimana seandainya konsumen memalsukan isi barang? Misalnya,
mengirimkan ponsel, tetapi diakui sebagai makanan.

Saat dipindai (di-scan) di bandara hal itu akan ketahuan. Benda yang
teridentifikasi sebagai ponsel bakal langsung dikeluarkan, ditolak, dan
dikembalikan kepada perusahaan pengirim.

Terima kasih.

Salam,

Herry SW