Dear RR,

Mau coba share pengalaman, kl sejak beberapa waktu yang lalu kan mulai ada yg mengalami kalau smartfrennya hilang signal. Di tempat saya juga terjadi beberapa device mengalami hilang signal. Semula saya mengira karena memang device saya tidak support yg band A. Tetapi ketika saya coba masukan kartu smartfren yang tetap bisa jalan di modem ke hp-hp yang tadinya hilang signal, ternyata bisa jalan dengan kartu yang semula berada di modem tersebut. Dan ketika saya kembalikan ke kartu2 semula, tidak dapat signal lagi. Jadi kesimpulan saya, bukan masalah di hp/device, tetapi parameter di kartu ruim tersebut yang menyebabkan hp/device tidak bisa mencari signal smartfren. Setelah coba sana sini, akhirnya hp2 jadul saya seperti nokia 2505, zte, dan beberapa terminal fwt, yang semula semuanya hilang signal, sekarang bisa berfungsi kembali (horeeee....) Saya mencoba mengganti primary channel A dari default 283 ke 1019, dan secondary channel B dari default 384 ke 466, kemudian rerstart hp dan dial *22800. bila dialingnya gagal, bisa dicoba beberapa kali lagi. Dialingnya dalam keadaan hilang signal. Mungkin bisa ada yang bisa kasih pencerahan apa memang betul perpindahan band B ke band A itu ganti channel seperti yang saya coba2 ?

Regards