Cuma ingin tahu. Adakah rekan milis ini yang dalam seminggu terakhir
mengirimkan barang via RPX dan mengalami ketidakjelasan status kiriman?

Ceritanya, pada 30 September 2016 siang saya mengirimkan dua paket.
Paket pertama berisi charger. Sedangkan paket kedua berisi power bank
dan earphone.

Paket pertama sudah diterima dengan baik pada keesokan harinya, 1
Oktober 2016. Paket kedua yang bermasalah nih.

Karena berisi power bank, sejak awal saya sudah tahu kalau paket ke
Jakarta itu harus lewat jalur darat. Sebab, "berkat" Note 7, kini
pengiriman benda yang mengandung baterai tak bisa lagi dikirimkan via
jalur udara. Estimasi tiba dalam tiga hari. Berarti, seharusnya kemarin
(4 September 2016) barang itu sampai di alamat tujuan.

Masalahnya, sampai hari ini, status paket itu malahan tidak jelas. Saya
sudah menanyakannya kepada petugas RPX/FedEx. Status barang telah
berangkat dari Surabaya, tetapi belum tiba di Jakarta.

"Jadi, barang tersebut sedang berada di mana?" tanya saya.

Ternyata, petugas RPX tidak bisa menelusurinya. Karena lewat darat,
mereka tak bisa melihat posisi barang yang saya kirimkan hari ini berada
di mana.

Pertanyaan saya, adakah rekan milis yang dalam seminggu terakhir
mengalami hal serupa? Kalau ada, selanjutnya barang tiba-tiba datang ke
alamat tujuan atau bagaimana?

Terus terang saya sudah sangat sungkan dengan si pembeli. Walaupun
pengiriman via RPX jalur darat telah kami sepakati, kami tak pernah
menyangka bakal segeje ini. He... he... he....

Oh ya, sekadar tambahan informasi, seminggu terakhir saya sempat
menanyakan prosedur pengiriman gawai berbaterai ke beberapa jasa
pengiriman. Kecuali JNE ya. Jawabannya seragam, pengiriman gawai dengan
baterai harus lewat jalur darat. Tak bisa via udara.

Satu kabar gembira yang saya dapatkan, Tiki Surabaya kini melayani
pengiriman ponsel bekas. Syaratnya:
1. Ada nota.
2. Harus lengkap kardus, buku, dll. Tak bisa cuma batangan.
3. Wajib packing kayu dan asuransi.

Terima kasih.

Salam,

Herry SW