Izin share review TV Box Android ini ya...

Artikel di blog (foto lebih lengkap):
http://www.gontagantihape.com/2016/11/review-nexbox-a95x-sekarang-zamannya-android-tv-box.html

Unboxing + Hands-on Video:

*https://www.youtube.com/watch?v=m0hFyqJadjA
<https://www.youtube.com/watch?v=m0hFyqJadjA>*

Review Video:
https://www.youtube.com/watch?v=weYRnNsnu3I

------------------------

[image: review nexbox a95x indonesia]
<https://2.bp.blogspot.com/-r2t5sPby74c/WCeLndWE3VI/AAAAAAAAGzA/54iiSPwhEvI_k1k596dAJstiTpvOJ1biwCLcB/s1600/title_video_066r.jpg>

Beberapa waktu belakangan ini, saya terbiasa alias terpaksa membiasakan
diri menonton *TV* *series* kesayangan saya, seperti: Gotham, Arrow, The
Flash, Marvel's Agents of S.H.I.E.L.D., hingga Kamen Rider, di *laptop*
 atau *smartphone* saya. Itulah alasannya mengapa beberapa *smartphone* saya
yang terakhir memiliki layar berukuran setidaknya 5,5 inci.

Tak bisa dipungkiri, sebetulnya ukuran layar *smartphone* yang ideal bagi
saya masih berkisar anatara 4,7 - 5,2 inci saja. Dan idealnya menonton itu
masih menggunakan televisi pada jarak yang nyaman, tanpa harus memangku
*laptop* atau memegangi *smartphone*. Namun, karena *dongle* EZCast milik
saya patah akibat tergencet di antara televisi milik mertua dan tembok,
jadilah saya mencoba menerima keadaan dan menonton series di hape saja.

Hingga akhirnya saat memilih *gadget* untuk di-*review* tiba. Kali ini
*counterpart* dari GearBest memberi kesempatan kedua kepada saya untuk
memilih sebuah *gadget* dengan harga di bawah $50 untuk dikirimkan.

Saya sempat membuat semacam kontes *giveaway*, di mana teman-teman
*subscribers *dari *channel* Youtube GontaGantiHape HD dimintai pendapatnya
mengenai *gadget* apa yang ingin saya ulas selanjutnya. Satu pemenang yang
saya pilih adalah teman yang menyarankan untuk mengulas Android TV Box
dengan merk Beelink.

Saya pun meneruskan usulan tersebut dan memilih produk Android TV Box
Beelink untuk saya ulas selanjutnya. Namun, akibat stok yang kosong, saya
pun kemudian mengalihkan pilihan pada Nexbox A95X yang dijual di GearBest
<https://goo.gl/Fm2XVx>. Ada beberapa spesifikasi kunci yang membuat saya
memilihnya kala itu:

   - *Processor* Quad-core 2.0 GHz,
   - RAM 2 GB,
   - Memori internal 16 GB,
   - Android 6.0 Marhsmallow,
   - serta mendukung layar hingga 4K.

Selain itu, TV Box ini juga menyediakan *slot* micro-SD serta dua buah
*port* USB yang membuat pilihan konektifitas serta media penyimpanannya
semakin luas. Dengan harga $48.99 rasa-rasanya ini adalah pilihan yang
baik, lebih baik daripada membeli Google Chromecast *dongle* yang harganya
kurang lebih sama.

Unboxing Nexbox A95X

Pada kotak penjualannya, Nexbox A95X sudah menyertakan sebuah kabel HDMI
yang panjangnya sekitar satu meter. Padahal saya sudah menyengajakan
membeli sebuah kabel HDMI guna menyambut kedatangan Android TV Box ini,
he.. he..

Kelengkapan lainnya adalah *power adapter* dan sebuah *remote control*.
Pada penggunaannya, *remote control* ini sangat ringkas jika Anda
menyalakan TV Box ini hanya sekedar menonton video yang sudah dimasukkan
pada memori. Untuk keperluan *browsing*, *gaming*, atau *Youtube-ing*, saya
lebih menyarankan Anda memasangkan *mouse* dan *keyboard*. Tak usah
khawatir, ada dua buah *port* USB yang tersedia sehingga cukup untuk
kebutuhan ini. Bahkan jika Anda membeli satu set *keyboard* dan *mouse
wireless*, biasanya *dongle*-nya hanya satu untuk keduanya, sehingga satu
*port* USB tersisa dapat Anda manfaatkan untuk mencolokkan kebutuhan
lain, *flash
disk* misalnya.

Nexbox A95X dalam Penggunaan Sehari-hari

[image: review nexbox a95x indonesia]
<https://1.bp.blogspot.com/-QQs8l-p_rSc/WCeQM8jaOrI/AAAAAAAAGzM/qzNeUKt9Kh4neAyhImvgoFWw0b4hvQPNQCLcB/s1600/00_2016_11_gontagantihape_com_066_review_nexbox_a95x_002.jpg>

Saya sendiri malah menemukan bahwa *gamepad controller* yang pernah saya
beli sebelumnya, jadi tidak menganggur lagi di dalam lemari. *Gamepad* milik
saya ini cukup unik karena sudah menyatu dengan *keyboard*, sehingga cocok
deh buat saya menikmati hiburan melalui Android TV Box ini. Tinggal
hubungkan melalui koneksi *bluetooth*, beres deh!

Digunakan memutar video dengan kualitas gambar HD, Nexbox A95X tidak
memiliki masalah sama sekali. Pun demikian saat saya gunakan untuk
bermain *game
platformer* Rayman Adventures. Rasa-rasanya seperti memiliki DVD *Player*
 dan *Game Console* sekaligus. Bahkan tak hanya itu, bisa jadi ini dapat
menggantikan fungsi PC di rumah apabila digunakan untuk keperluan ringan
seperti menulis notes atau dokumen, karena dukungan aplikasi Android yang
begitu banyak.

Saat digunakan berlama-lama, memang terasa Android TV Box ini menghangat.
Wajar saya rasa, mengingat *processor* Amlogic yang disematkan padanya,
memiliki *clockspeed* sebesar 2.0 GHz. Saya pun sempat melakukan pengujian
dengan Antutu Benchmark, dan hasilnya adalah skor sebesar 34 ribuan.
Lumayan bukan?

[image: review nexbox a95x indonesia]
<https://3.bp.blogspot.com/-UFsZgpEiNFQ/WCeLm7wCS8I/AAAAAAAAGzE/ZCqMkEKj9XcznCWhMQWAO7dWMZbz-GHMQCEw/s1600/00_2016_11_gontagantihape_com_066_review_nexbox_a95x_004.jpg>

Sekarang saya tinggal mencari waktunya untuk dapat berleha-leha menikmati
*series* ataupun video-video Youtube di layar televisi saya. Atau jika
sedang sangat luang, saya bisa bermain *game deh*. Bermain *game* dengan *genre
platformer adventure* rasanya jadi nikmat kembali apabila menggunakan
*gamepad* dan televisi. Saya seringkali kurang menikmati tombol *virtual* di
layar *smartphone*, sehingga belakangan ini hampir tak pernah mengunduh
*game* dengan *genre* ini.

Apa Kata Aa tentang Nexbox A95X

[image: review nexbox a95x indonesia]
<https://4.bp.blogspot.com/-wueYULVyFho/WCeLmvJ4rYI/AAAAAAAAGzE/w0VVfy1S9hIwF_NMemGLX-QGk8ItMo_9gCEw/s1600/00_2016_11_gontagantihape_com_066_review_nexbox_a95x_001.jpg>

Melihat beberapa *channel tech reviewer* Indonesia yang sudah banyak
mengulas *gadget* sejenis, saya rasa tinggal masalah waktu dan ketersediaan
barang saja, hingga Android TV Box akan menjadi perangkat elektronik rumah
tangga yang dimiliki oleh setiap keluarga. Banyak dari kita yang sudah
memiliki televisi di rumah, dan belum terpikir untuk menggantinya hanya
belum kuatnya alasan untuk beralih pada sebuah *smart* TV.

Alasan *budget* bisa jadi salah satunya. Harga jual kembali sebuah TV bekas
dan harga sebuah *smart* TV rasa-rasanya masih besar selisihnya. Android TV
Box dengan harga yang cukup terjangkau seperti Nexbox A95X ini bisa jadi
solusinya dan bukan tak mungkin akan menjadi primadona di tahun depan.
Kalau sudah banyak yang membutuhkan, akan sangat mungkin para penjual
*gadget* akan banyak menyediakan stoknya bukan?

Daripada membeli DVD *Player*, bukankah lebih baik Anda memiliki sebuah
Android TV Box? Fiturnya lebih lengkap, bahkan bisa untuk *gaming* maupun
keperluan kerja. Pastikan saja Android TV Box yang Anda akan miliki
memiliki spesifikasi yang cukup kuat untuk setidaknya bertahan satu hingga
dua tahun ke depan.

Bagi saya RAM 1 GB dan memori internal 8 GB itu tidak cukup. Untunglah
Nexbox A95X ini hadir pada harga yang terjangkau namun sudah memiliki spek
yang sangat cukup buat saya. Anda yang tertarik memilikinya, dapat memesan
sebuah Android TV Box Nexbox A95X di GearBest <https://goo.gl/Fm2XVx> ya.

Hilmy
/* saya suka Gonta Ganti Hape <http://www.gontagantihape.com> */