beberapa pembeli kadang tidak mau dibebani asuransi, padahal nilai juga
cuma rp10rb. kalau dalam kasus seperti ini, biasanya saya hormati keputusan
pembeli untuk tidak pakai asuransi. untuk melindungi saya dari hal-hal
seperti ini, saya biasanya yang tambahkan sendiri asuransinya.

jadi, menurut saya, selisih antara penggantian dari ekspedisi (10x biaya
kirim, mungkin hanya 200-300rb ya), sisanya masih jadi tanggungan penjual.

dalam suatu kejadian, agen JNE tempat saya biasa kirim barang mengalami
kecelakaan, motornya ditabrak orang sehingga ada beberapa paket yang
tercecer, termasuk barang saya. karena barangnya belum sampai ke pool JNE,
pihak JNE pun menolak untuk mengganti. akhirnya ybs pun mengganti penuh
dari uang pribadinya dan dicicil 3x. agak nggak tega juga sih, akhirnya
saya minta uang yang diganti seharga modal, bukan seharga jual.

salam,
dave

Regards,
Dave A Seta