Btw sebelum ada airbnb, situs-situs seperti tripadvisor sudah lebih dahulu
menjadi tempat pelanggan untuk memperoleh jasa penginapan alternatif.
Pelanggan bisa dipertemukan dengan pemilik apartemen sehingga pelanggan
bisa memilih menginap di 'hotel' dengan banyak kamar yang memiliki dapur (
*baca*: apartemen).  Ini lebih cocok untuk keluarga atau suami-istri yang
bepergian dengan anak-anak kecil.  Di mana anak-anak masih membutuhkan
makanan khusus yang dimasak oleh orang tuanya sendiri.  Keluarga seperti
ini kan tidak bisa ditangani oleh hotel 'biasa'.

Saya tambahkan lagi... dulu sebelum tripadvisor menawarkan jasa seperti
ini, di Indonesia sudah ada jasa di mana pelanggan dipertemukan oleh
perusahaan tertentu untuk menginap di rumah atau apartemen milik orang lain
(yang kebetulan rumah/apartemen tsb tidak ditinggali oleh si pemilik).  Ini
banyak berkembang di Bandung, sekitar tahun 2000 awal atau bahkan mungkin
di tahun 1990an.  Ini sama kan dengan jasa yang ditawarkan oleh tripadviso,
airbnb dll itu?  Ini realita yang akhirnya bertansformasi menjadi *business
model *baru yang sekarang semakin berkembang.  Suatu pertanda bahwa *business
model* penginapan seperti ini sudah berkembang sehingga regulasi perhotelan
mesti diubah oleh pemerintah.  Jadi pemerintah harusnya bebenah dan merubah
regim pengaturan industri pariwisata, agar masyarakat semakin terlindungi
dari pemilik rumah/apartemen yang nakal.  Jadi regulasinya yang harus
disempurnakan, bukan situs airbnb yang diblokir.

Fenomena tsb di atas mestinya membuat industri pariwisata mawas diri, bahwa
kebutuhan masyarakan sekarang tidak bisa sepenuhnya dilayani oleh *business
model* perhotelah tradisional.  Bukan mengganggap airbnb sebagai pesaing
yang mesti dihabisi.  Karena cepat atau lambat dunia perhotelah yang
menyediakan jasanya secara tradisional akan terus tersisihkan.  Kalau bukan
oleh airbnb, maka akan dihabisi oleh airbnb-airbnb lain.

Rgds,
JB