Izin share review ponsel yang pastinya beredar secara resmi di Indonesia
ini ya..

Unboxing video:
https://www.youtube.com/watch?v=PmMrefxHO7I

Review video:
https://youtu.be/OTYGbGws8Hs

Artikel di blog:
http://www.gontagantihape.com/2018/06/review-xiaomi-redmi-note-5-indonesia.html
---

<https://4.bp.blogspot.com/-xRflgBzJmVA/Wyt7o1nJoaI/AAAAAAAAOWQ/Y9FUeI7v_goVoIebPi0tOwXkOBCDLa2xQCLcBGAs/s1600/title_video_360r.jpg>

Pada ulasan kali ini, kita akan kembali mengulas produk smartphone dari
brand yang semakin kencang saja berhembus namanya, Xiaomi.

Konon katanya sekarang penjualannya sudah nomor 2 di Indonesia ya.

Tapi barangnya ghoib, eits, mau komen kaya gitu kan? Sudah ketebak, sorry.

Haha, terlepas dari ghoib atau tidak, karena barangnya sudah ada di tangan
saya selama beberapa minggu, jadi wajib diulas ya. Dan penonton harap sabar
jika setelah melihat ulasan ini, harus gundah gulana karena bingung
bagaimana cara mendapatkannya.

Smartphone-nya sendiri bagus koq <http://tiny.cc/BU_REDMINOTE5>, sangat
worth the money, bahkan sampai membuat saya bergumam sendiri, Redmi Ga Gitu
Deh!

Kenapa memang? Kameranya coy. Ngga redmi banget.

Dua kamera di belakang memang bukan yang pertama karena ada Redmi Pro, tapi
yang ini kan resmi di sini. Dan hasilnya juga ngga main-main. Termasuk
lowlights yang dulu terkenal jadi titik lemah Redmi, sekarang mampu dilibas
dengan ganas. Video goyang juga sudah bukan hal yang bisa kamu bully lagi
dari Redmi, berkat kehadiran si EUIS, eh EIS, kini kameranya punya
stabilization yang memang tergolong OK punya untuk hape 2-3 jutaan begini.

Saya ngga tahu apa efek dari  kehadiran AI di cameranya, cuma memang
bokehnya bagus. Dan walaupun bokeh di tempat yang cahayanya kurang
seimbang, hasilnya masih cukup dapat dinikmati nih. FYI, hape 2-jutaan lain
biasanya kepayahan menghasilkan foto bokeh kalo diberi kondisi yang sama.
Good job Xiaomi.

Semua penilaian saya barusan, silakan divalidasi lagi pada foto dan video
berikut ini ya. Habis itu saya akan kasih tau apa sebetulnya yang paling
menarik perhatian saya dari ponsel ini. Silakan.

Nah, yang sebetulnya paling menarik perhatian saya sih, bukan kamera ya.
Tapi MIUI 9.5 yang nampaknya banyak mengalami perubahan ke arah positif.

Memang masih perlu setting autostart dan lock aplikasi di recent apps agar
notifikasi selalu masuk. Tapi sekarang beneran selalu masuk, dan real-time
sebenar-benarnya. Jadilah saya bisa nyaman selama beberapa hari menjadikan
Redmi Note 5 ini sebagai device utama.

Oh ya, pada Redmi Note 5 ini juga kita sudah bisa menggunakan navigasi
dengan gesture. Swipe dari bawah layar ke atas untuk home, swipe dan tahan
untuk masuk ke recent apps, dan swipe dari luar layar sebelah pinggir ke
dalam untuk back.

Uhuk, jadi udah beneran kaya punya iPhone X dong ya, udah mah kamera
belakangnya posisinya sama, eh navigasinya juga mirip. Tinggal beli casing
yang ngga transparan aja deh buat nutupin backcovernya hehe.

Masalah desain ini sudah saya bahas di video unboxingnya, jadi silakan
disimak video yang saya tampilkan pada card bagian kanan atas video ini,
atau di end-screen.

Untuk masalah ads alias iklan yang katanya belakangan suka muncul di hape
Xiaomi, seperti yang pernah saya cuitkan, saya matikan di setting agar
tidak tampil. Saya juga tolak semua permission aneh yang secara default
sudah di-enable untuk aplikasi Mi Remote.

Karena kan memang jadi tanda tanya besar kalau aplikasi Remote Control
butuh merekam suara dan mengambil gambar segala, apalagi sampai mengakses
kontak. Terlebih smartphone Redmi kan terkenal akan kemampuannya
menggantikan remote yang hilang, koq rasanya terlalu gimana gitu ya ketika
permission-permission yang berlebihan itu ada pada aplikasi remote ini.
Silahkan Anda simpulkan masing-masing saja. Gak usah ribut, di Android
terbaru semua aplikasi kan bisa dimatikan permission-nya.

Selain itu sih saya senang dengan apa yang ada pada Xiaomi Redmi Note 5 ini
secara fisik. Layarnya tajam dengan reproduksi warna menawan. Port audio
ada di sisi bawah, dan loudspeaker juga berada pada posisi yang tepat.

Fingerprint scanner-nya diletakkan di posisi yang nyaman untuk kita
meletakkan telunjuk saat membuka kunci layar. Akurasi dan responsifitasnya
juga sangat mampu memuaskan saya. Pada Redmi Note 5 ini jugalah saya
merasakan fitur face unlock pertama kalinya pada MIUI. Dan so far so good,
usable di saat saya sedang kesulitan meraih pemindai sidik jarinya,
scanning cepat dan cukup akurat dengan syarat kondisi ruangan masih cukup
terang.

Untuk performa sendiri, Snapdragon 636 nampaknya punya masa depan cerah
menggantikan abangnya si processor kesayangan kita, Snapdragon 625. Namun
entah kenapa settingan default PUBG untuk Redmi Note 5 ada pada graphic
low, padahal ponsel lain yang procesornya sama defaultnya di medium. Memang
bukan masalah sih, toh bisa diubah manual settingannya, tapi penasaran kan
boleh?

Saat dipakai bermain pun lancar dan tidak ada demam maupun lag yang
terjadi. Saya merasa sinyal di Redmi Note 5 ini pun manteng terus,
nampaknya sih lebih baik dari ponsel Xiaomi lain yang pernah saya coba
sebelumnya. Jadi untuk gamers online, ga salah deh kalau kamu menjatuhkan
pilihan pada ponsel ini.

Karena baterainya juga awet, kalau ini sih memang udah lumrah ya di ponsel
manapun yang pakai MIUI. Dengan penggunaan normal ala saya, bisa mencapai
total 50 jam pemakaian dengan screen on time lebih dari 6 jam.

Hanya sayang, sifat asli MIUI masih tampak. Multitasking-nya suka terasa
berat ketika membuka aplikasi yang sudah cukup lama dibiarkan di
background. Redmi Note 5 yang saya uji padahal RAM-nya 4 GB lho. Di
awal-awal pemakaian ponsel ini terasa smooth banget mau diajak ngapain
juga, namun seiring makin banyak aplikasi yang diinstall dan dijalankan,
rupanya cukup berpengaruh kepada performanya. Walau overall masih di atas
rata-rata lah jika melihat bandrol harganya.

Oh ya, ngomong-ngomong soal harga, harusnya sih Xiaomi Redmi Note 5
<http://smarturl.it/TP_REDMINOTE5PRO> ini dijual dengan harga 2,5 juta
untuk varian 3/32 GB, dan 3 juta untuk yang 4/64 GB. Dua-duanya pun
harusnya masih kembali seribu Rupiah ya. Namun faktanya yang saya lihat,
rata-rata Redmi Note 5 4/64 GB hasil flash sale sudah dijual kembali di
angka 3,7 juta Rupiah. PR Xiaomi nih untuk membuat stoknya lancar sekarang.
PR saya untuk mengulas ponsel ini sih sudah gugur di sini hehehe.

Apakah Recommended? Tentu, sangat recommended bahkan jika melihat kualitas
yang diberikan berbanding harganya. Tapi ada syaratnya, yaitu buat user
yang sudah paham cara setting-setting supaya notifikasi bisa real-time,
setting iklan supaya ga muncul, dan juga bisa matiin permission yang
ngga-ngga yang diminta aplikasi bawaan. Syarat ketersediaan stok atau
keghoibannya sih ya terserah situ lah mau dijadikan halangan atau tidak.

Hayo, masih pada puasa kan waktu nonton video ini? Jangan marah-marah atuh
ya kalo ponsel in masih ghoib, biar ngga ngurangin pahala puasa kamu hehe.

Sip, selamat berpuasa. Dari Kota Cimahi, Aa Gogon pamit undur diri,
wassalam!

Hilmy
/* saya suka Gonta Ganti Hape <http://www.gontagantihape.com/> */