On Wednesday, September 5, 2018 at 8:43:01 AM UTC+7, ErickFloorZ wrote:

> kl nomer utama ttp pake tsel untuk data di bank..indosat hanya sbg koneksi
> data saya di router..karena rollovernya masih ada 100GB..
> mnrt aku semenjak ceo joy wahyudi service nya tambah parah..karena ceo nya
> gk pernah tau troubleshooting dibawah..

ya beda CEO kan beda focus
mungkin sekarang lagi focus mengatasi cashflow. sama kayak pemerintah
sekarang dengan dolar yang meroket.

indosat ada di posisi nanggung. user base gede, sehingga investasi juga
butuh dana lebih banyak, tapi dikejar harus profit. makanya efisiensi
belakangan ini. misalnya pernah pasang BTS untuk kejar growth user, setelah
itu BTSnya dimatikan untuk cost saving.

provider lain mungkin mengalami hal yang sama, cuma efeknya tidak sedrastis
indosat.

smartfren bisa senang2 jualan 4G dan VOLTE setelah restrukturisasi
frekwensi, tapi utang 1T sebelum 4G juga belum ketutup, malah kudu nambah
utang 1T lagi kan untuk implementasi 4G