On Monday, December 3, 2018 at 8:51:58 PM UTC+7, Ronny Fredila wrote:

> Saya pakai XL, selalu di stel 3G/2G saja, gak mau yang 4G/3G. Wong
> kecepatan 4G di daerah Bogor-Depok cuma 0.5 - 1mbps doang, sedangkan 3G/H+
> malah tembus 8-16 mbps. Saya kirain speedtest nya yang salah, tapi sudah
> dicoba di dua hape di area Bogor dan Depok, memang begitu, 3G sekarang jauh
> lebih cepat drpd 4G. Mungkin krn yang pake sekarang sedikit.

kecepatan memang bukan hanya ditentukan dari spek BTS, tapi juga utilisasi
benwit per BTS
BTS 3G memang memungkinkan bias lebih cepat, tapi perlahan dimatikan kok

awalnya saya juga susah nyangkut 4G karena jangkauannya kan lebih pendek
cmiiw
lalu saya lock ke 3G karena wus wus wus. setelah itu, sinyal 3G menghilang
hehehe