Setau saya ini menyasar pembeli baru yang masih awam transaksi marketplace.
Dari kasus kasus yang pernah saya baca. Jalan penipuannya seperti ini :

Penipu menjual sebuah barang dengan selisih jauh dari harga asli, misal
iPhone XS Max 256gb dijual 5jt.

Penipunya modal kirim paket kosong aja, jadi modal ongkir (Seperti kalo
penipuan via telpon, modal pulsa)

Dapet tidaknya pembeli yang awam transaksi online sifatnya untung-untungan.

Karena selalu ada saja pembeli baru/pertama di tokopedia atau bukalapak
yang tergiur harga murah.

Ketika pembeli dapet dan terima paket kosong, mereka sibuk chat ke penjual,
nah disini penjual (penipu) biasanya mengulur ngulur waktu dengan berbagai
macam alasan, sampe dananya cair, biasanya pembeli baru belum terlalu paham
bahwa ada fitur komplain di marketplace.