Beberapa hari ini saya sering diganggu dengan update Google Play yang
memaksa. Bahkan saat menggunakan data mobile. Sampai mengganggu aktifitas
aplikasi lain misalnya attachment WA gagal terkirim. Tadi pagi Google Play
berulah lagi dengan berusaha mendownload "Google Play Library Support" dan
berhubung beberapa hari ini sinyal data sedang tidak lancar, maka proses
update tersebut gagal. Dan apa yang terjadi rekan-rekan? Hampir semua
aplikasi crash!!
Endingnya aplikasi-aplikasi tersebut merasa Google Play tidak terpasang dan
enggan dijalankan. Awalnya saya masih tenang. Karena untungnya Mi A1 yang
saya gunakan sudah terpasang TWRP. Ah, paling saya download saja Gapps
terbaru, saya flash via TWRP beres..
Ternyata tidak saudara-saudara.. App tetap crash. Tidak mau berjalan.
Bahkan launcher selalu force closed. Setelah saya coba banyak cara tidak
ada yang berhasil, akhirnya mau gak mau saya flash dengan Miflash. HP pun
kembali normal seperti baru, tidak ada crash lagi.
Tapi keanehan mulai terasa setelah saya login ke akun google. Semua
aplikasi yang pernah saya beli lenyap dari library saya. PowerAmp, Link2SD,
Photosuite, dan banyak game-game berbayar berikut dengan IAP-nya.. Kecuali
untuk game-game yang menggunakan FB untuk sinkronisasi datanya seperti
Risk..

Menurut rekan-rekan disini apa yang seharusnya saya lakukan? Membeli
kembali aplikasi-aplikasi favorit saya? Sangat riskan. Karena bukan hal
yang mustahil ini akan terjadi kembali di lain waktu.. Melapor? Kemana?
Google sendiri tidak memiliki layanan konsumen. Haruskah saya melapor ke
YLKI? Seberapa kuat YLKI dibanding Google?

Google.. Yang kamu lakukan padaku itu jahat!!!

Yuk install #MyXL Apps untuk Cek Kuota & Beli Paket XL
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.apps.MyXL