Hi semua,

Update mengenai beralih dari GMS ke HMS

Di kasus saya, saya menyerah, karena meskipun GMS bisa terisi, dan
berjalan, tapi tidak lah sempurna.
Beberapa aplikasi penting yang saya gunakan sehari-hari ada yang tidak
dapat berjalan dengan semestinya ketika GMS ada di android bawaan.
Di kasus saya saya emang tidak mau membawa dua buah handphone sekaligus
setiap saat, saran dari teman-teman yang pakai device Huawei dengan HMS
only atau inject GMS manual adalah, silahkan pakai 2 hp, satu hape lagi utk
meng akomodir kekurangan dari device Huawei nya tadi.
Menurut saya ini sangatlah tidak praktik untuk melakukan nya, maka dari
itu, saya kembali turun dari P40 Pro ke P30 Pro.

P40 Pro tanpa GMS menurut saya cocok di pakai utk:
1. Pengguna yang tidak terlalu bergantung kepada aplikasi otorisasi , dan
token generator
2. Pengguna yang tidak menjalankan usaha di tokopedia marketplace
3. Pengguna yang tidak membutuhkan banyak aplikasi khusus, seperti mobile
banking bank bank tertentu,
4. Pengguna yang tidak membutuhkan notifikasi ontime ( ini harus di cek
lagi, karena di kasus saya, saya temukan banyak notifikasi terlambat di
belakangan setelah pemakaian)
5. Pengguna yang tidak butuh ojek online ( ga bisa jalan, ribet pasti
karena masih banyak kekurangan)
6. Pengguna yang mau sabar dengan bug-bug yang ada di dalam EMUI launcher
dan kamera nya huawei itu sendiri.