Rekan-rekan idAndroid

Hari ini saya coba pasangkan LG V30+ dan Smartfren.
Sim-1 terpasang XL
Saya pasang Smartfren di sim-2 dan muncul emergency call.

Karena dekat dengan Smartfren, saya mampir ke gerai.
Kartu saya dicoba di HP mereka (Phone6) dan jalan normal
Artinya kartu saya tidak rusak.
Kartu dicoba dipasang di Samsung Note5 dan jalan normal.

Akhirnya dipasang kembali ke LG V30+ di sim-1
dan pasang aplikasi Smart VoLTE
dan bisa outgoing-incoming call.
Padahal, di daftar mereka, LG V30+ termasuk yang support 4G dan VoLTE
(tanpa perlu aplikasi tambahan)
Entah V30+ nya yang masalah, atau "support" nya yang masalah.
:)

V30+ tersebut jalan dengan kartu XL dan muncul lambang 4G
baik di sim1 maupun sim 2.

Untuk bisa menggunakan aplikasi Smart VoLTE...
data harus dinyalakan
entah apakah tetap bisa jalan normal
bila quota data sudah terlampaui
(500MB per bulan)