Semangat untuk Indonesia maju

- cut -

Stage yang seharusnya dicapai untuk bisa dibanggakan menjadi produk merah putih
adalah desain sistem keseluruhan termasuk board, interior dan eksterior dari
Indonesia, board bikin di Indonesia, sebagian besar part dibuat di Indonesia
untuk menaikkan nilai TKDN, di rakit dan dites di Indonesia.

Ini termasuk dan/atau tidak terbatas pada sistem pendinginan dan air flow. Ini
saja salah, notebook sering hang kepanasan.

Salah sudut flip pada LCD, LCD bisa tidak terbaca oleh pengguna.

Salah komposisi berat antara penutup pada LCD dibandingkan pada bottom
compartment, notebook akan nggeblag saat dipakai. Sangat komplek untuk menjadi
produk yang bagus dan diterima oleh masyarakat luas.

Ini jika semangat pengen mengangkat perekonomian Indonesia dan karyawan juga
diberdayakan orang Indonesia. Tentunya enjiner orang Indonesia.

Saya termasuk orang yang tidak peduli jika awalnya harus pake metode ATM (amati
tiru modifikasi), gak masalah, lanjutkan. Yang penting kita bisa bikin dahulu.
Bukan mengaku-aku.

Bocoran dari rekan yang berkompeten dibidangnya, di Indonesia saat ini punya
kemampuan untuk produksi beberapa item. Jika dikaitkan dengan pengadaan ini,
bisa dilihat:

- Printer Epson pabrikan di Cikarang, bisa jadi nanti pakai Epson.

- PCB Assy/Mainboard Assy dengan processor BGA type dan SMD part Assy di PT.
SMT Indonesia punya Jepang.

- PCB Assy di PT. Katolec Indonesia punya Jepang.

- PCB Assy di PT. VS Technology Indonesia punya Malaysia.

- Flexible Flat Cabel PT. Totoku Indonesia punya Jepang di Purwakarta

- Wire Assy PT. Onamba Indonesia

- Wire Assy PT. Ewindo

- Wire Assy PT. Harmonics Techindo Agung

- FPC Board Manufacturing ada di Jababeka

- Transformer, Capacitor, dll PT. Samwha Indonesia di Subang

- Elco PT. Indonesia Chemi-Con Cikarang

- Resistor 2005 SMD dan capasitor 0602 SMD ada di Jababeka, gpp jika bahan
masih impor.

- Charger power supply PT. Sanken di MM2100

- PCB board single layer PT. Dawee Electronic Indonesia Cikarang

- PCB board single layer PT. Kyosha Indonesia Cikarang

- Plastic mold injection sudah bisa.

- Box dan manual book juga bisa

Hanya PCB multilayer 2-6 layer belum bisa, harus impor.

Profil-profil perusahaan diatas jarang tampil, jarang orang yang paham apa yang
mereka kerjakan.

Kapasitas saat ini sudah 70% produksi yang berjalan. Jika pemerintah mau
bekerjasama atau merangkul mereka, maka bisa jadi pabrik dibesarkan, kapasitas
produksi di tingkatkan. Jadi TKDN juga naik.

Karena investasi sangat besar, ada garansi running minimal beberapa tahun
setelah pabrik berdiri.

Untuk pabrik yang sudah jalan, menghasilkan 2jt printer tiap bulannya, mereka
adalah SMT, Katolec dan VS.

- cut -

Gunaris