From: "Bagus Pursena" <purs...@rad.net.id>

Date: Sat, 7 Mar 2009 11:18:52
To: <Id-ebook@yahoogroups.com>; <kho-ping-...@yahoogroups.com>
Subject: [Id-ebook] Upaya bertahan hidup.

Rekan member sekalian;

Dalam diskusi yang berkembang di milis ini kami menangkap keinginan rekan
sekalian agar www.id-ebook.com bisa bertahan, kami sebagai pengelola punya
harapan yang sama juga. Prisnsip kami:

<1> Pertapengetahuan merupakan milik umum, layanan www.id-ebook.com hanya
memberi jalan agar pengetahuan bisa diakses dengan mudah oleh sebanyak
mungkin orang.
<2> Kita harus ikut menyelamatkan dan memelihara lingkungan hidup, e-book
merupakan produk yang lebih ramah lingkungan dibanding hardcopy (buku
cetakan), karena tidak membutuhkan kertas. Bayangkan berapa banyak pohon
yang harus ditebang untuk menghasilkan puluhan ribu judul buku dan ratusan
ribu eksemplar buku yang harus dicetak?
<3> Proses produksi e-book juga tidak menghasilkan limbah berbahaya, sangat
berbeda dengan proses percetakan.
<4> Penggunaan e-book harus dikampanyekan, salah satunya adalah dengan
layanan www.id-ebook.com.

Jadi kita ini merupakan bagian dari gerakan besar untuk menyebarluaskan
pengetahuan sekaligus menyelamatkan lingkungan hidup. Viva www.id-ebook.com!

Jadi tidak ada pilihan lain, www.id-ebook.com harus bertahan dan maju terus!
Seperti saya sampaikan dalam email sebelum ini sebagai LAYANAN
NON-PROFIT/NIR-LABA kita belum punya mekanisme yang handal untuk bertahan
hidup. Dengan kondisi demikian, cepat atau lambat peristiwa istirahat total
seperti yang baru kita alami, cepat atau lambat akan terjadi lagi. Lebih
buruk lagi layanan ini bisa tutup selamanya, suatu ketika. Untuk mencoba
bisa bertahan lebih lama, kami putuskan untuk menempu cara-cara sebagai
berikut:

<1> Mengembangkan prinsip "take & give", agar kita bisa meningkatkan terus
koleksi ebook.
<2> Mengundang relawan untuk memelihara koleksi dan server www.id-ebook.com
(sistem sedang disiapkan).
<3> Menerima donasi dari member untuk mendapatkan dana operasional dan
pemeliharaan server/koleksi.
<4> Memasang iklan di halaman www.id-ebook.com, yang berbasis pada frekuensi
akses. Jadi silakan klik iklan yang kami pasang, 1x klik kami akan
mendapatkan impalan sekitar $0.01 (satu sen dolar).

Bagi warga yang berkecimpung di sektor teknologi informasi pasti menjelaskan
dengan baik kebutuhan untuk mengaktifkan layanan www.id-book.com (hosting,
maintenance & upgrade software/hardware). Layanan kita saat ini dijalankan
dengan berbagi resources dengan komunitas yang lain jadi relatif lebih
ringan. Namun risikonya adalah ti-ji-tibeh, mati-siji-mati-kabeh (bahasa
jawa) artinya kalau kita mengambil resources terlalu banyak, tanpa
kontribusi yang sepadan, akan menjadi beban berat bagi komunitas yang lain,
yang akan membahayakan kelangsungan hidup bersama.

Demikian rekan sekalian bagi-bagi uneg-uneg dari kami. Jika ada saran atau
tanggapan, silakan kirim ke:

id-ebook-ow...@yahoogroups.com
kho-ping-hoo-ow...@yahoogroups.com

Salam hangat;