On Thu, Dec 24, 1998 at 02:08:11AM +0700, Delly wrote:
> 1.) Sebagai " root" misalkan saya buat script dengan nama "hello" yg
> isinya seperti berikut :
>
> ------------------
> #!/bin/bash
> echo "RedHat Linux"
> ------------------
>
> 2.) Kemudian saya lakukan "chmod 755 hello"
> 3.) Saya jalankan dengan memanggil "hello" saja, lha terus kok malah
> error dgn pesan sbb :
> -------------------------------
> bash: hello: command not found
> ------------------------------
> 4.) Kalau saya jalankan "sh hello" atau "bash hello" baru bisa
> [...]

Directory tempat script "hello" tersebut tidak termasuk dalam
variabel $PATH, coba `echo $PATH`.

Bisa saja, supaya current directory menjadi default path, caranya
tambahkan '.' pada akhir variabel $PATH, mis.

    export PATH=$PATH:.

Supaya menjadi default bisa diletakkan di /etc/profile, atau setup
peruser di ~/.profile

Salam,

P.Y. Adi Prasaja