> Starting sendmail: sendmail
> Starting SMB: smbd
>
> udah gitu ada tulisan yang kira-kira isinya: ...set host manually...
> deket-deket smbd dan httpd

ini karena jaringannya mati ?
atau DNSnya gak hidup.

Saya juga pernah alami ini, dan setelah betulin DNSnya langsung tokcer.
ini karena dia resolve (entah reverse-lookup .... lupa persisnya) dan gak
ada respon dari DNS dan nunggu terus sampai timeout.
btw kalau gak masuk ke jaringan sebaiknya jangan pasang smbd.

> (sekalian nanya, dimana kita bisa dapatin teks yang berisi info tentang
> booting? soalnya saya lihat di /var/log/dmesg nggak ada. yang saya harapkan
> log dari status kejadian-kejadian waktu starting modul-modul tadi)

# dmesg | less

> ....kutunggu jawabanmu dengan sepenuh hati...

hatiku tlah penuh ... luber bahkan *-)