Istiqfar wrote:
> Saat ini, untuk email dan newsgroup (di 95) saya pakai Agent
> (dengan datafile +/- 200mb). Buat browser saya pakai
> Opera/Navigator 3.04. Saya kurang tahu padanannya di Linux untuk
> kedua s/w di atas apa.
Bisa dicari di freshmeat.net atau di linuxapps.com atau di
linuxberg.com

> Yang saya tahu, di RH5.2 sudah ada Communicator 4.07. Cukup bagus.
> Tapi mungkin ada rekan yang bisa share pengalaman, memakai
> messenger dengan datafile sekitar 200mb. Pengalaman saya di 95 agak
> tertatih-tatih jalannya. Atau mungkin ada rekan yang bisa usulkan
> yang lain?
kalo 200mb dalam satu file ya mungkin di mana2 juga lambat kalo dg
hardware yg sama. kalo punya banyak folder yg besar2, terus totalnya
yg 200mb, ya mungkin nggak terlalu lambat, saya juga punya banyak
folder besar2. yg lambat kalo mindahin message dr satu folder ke
lainnya.

> Trus, mengenai browser, yang paling banyak dan makan resource kecil
> di Linux itu apa?
AFAIK, yg banyak dipake: netscape sama lynx.

> Atau.. mungkin, baiknya saya pakai Navigator 3.04 under
> linux (sama seperti waktu di 95).?
netscape dicompile statically linked sama librariesnya (motif), jadi
bloated sekali, bikin lambat waktu load, soalnya harus load semua
librarynya. rasanya nggak terlalu jauh bedanya tuh v3 sama v4. kalo
saya sih nggak butuh java, jadi java dimatiin ya cepet ngeload,
soalnya kalo ada site yg pake java ya nggak diload javanya.

kalo mau lightweight ya pake lynx. atau alternatif lain mungkin pake
kfm (file managernya KDE), yg ngerangkep browser, kalo nggak salah.