On Fri, Jan 29, 1999 at 09:27:40PM +0700, asbak wrote:
> pernah di tanyain.
> soalnya saya cari di arsip milis koq ngga ketemu yach, please nich penting
> banget
>
> booting dari bootdisk dan rootdisk..
> kemudian mount partisi linux anda..
> cari file passwd di partisi linux
> ketik echo "root1::0:0::/root:/bin/bash" > passwd
                                           ^^^^^^^^^
Eit.. salah ketik nih :-) harusnya > passwd diganti >> passwd :-)
Ntar semua record user bisa ilang ;-(

> umount partisi linux
> login sbg root1
> anda sudah setaraf dengan root...kemudian ganti password root anda.

BTW kalau sudah bisa login root (misalnya ini pakai bootdisk), kenapa
tidak diedit saja file passwd tsb. (bisa pakai beberapa rescue-disk).

Sudah ada contoh dari rekan sebelumnya. Yang justru lebih mudah kalau bisa
boot single user, atau pakai init=/bin/bash. Kemudian edit file
/etc/passwd, atau /etc/shadow (kalau pakai shadow).

Kalau pakai shadow, cari record untuk root, misalnya:

root:aQwZ4LSszDDEY:11244:0:10000::::

tinggal delete saja yang ada bahasa planetnya itu.
Nggak pakai shadow juga sama, cukup diedit file passwd.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja