Riko MS wrote:

> Kalo ping pake no. IP jadi begini:
>
> # ping 202.158.3.2
> PING 202.158.3.2 (202.158.3.2): 56 data bytes
> ping: sendto: Network is unreachable
> ping: wrote 202.158.3.2 64 chars, ret=-1
> .
> .
ini sih routing-nya yg. belum disetel..
Ini step-by-step-nya (harus root, dan harus ooroot (urut ;)):

1 $ ifconfig eth0 NO_IP_LINUX
    Ini untuk menyetel nomer IP Ethernet interface-nya Linux box
    (eth0 -> eth-nol)

2 $ route add NO_IP_LINUX
    Untuk menambahkan route ke Ethernet card

3 $ route add -net NO_NETW_LINUX gw NO_IP_LINUX
    Kalo buwat LAN aja, langsung ke Ethernet. NO_NETW_LINUX adalah
    tiga angka pertama dari NO_IP_LINUX ditambahkan titik dan nol.
    Misalnya 202.158.3.2, jadi 202.158.3.0

4 $ route add default gw NO_IP_WINNT
    Selebihnya, untuk ke Internet route diarahkan ke WinNT box

Tapi ini syaratnya:

1. WinNT box dan Linux box IP-nya dalam network number yg. sama
   (3 angka pertama sama)

2. si WinNT harus bisa mem-forward paket..
   Setelannya ada somewhere di Control Panel -> Network.. tapi saya
   dulu nyoba nggak berhasil.. ;(

3. IP yg. digunakan di Linux harus IP yg. registered di internet. Kalo
   nggak, berarti harus dipasang IP Masquerading di WinNT (nah..
   gimana caranya??).

   Kalo no 2 dan 3 ada yg nggak terpenuhi, solusinya pasang proxy di
   WinNT (pakai WinGate atau MS Proxy), atau dibalik, Linux-nya yg.
   jadi dialer. Ditanggung enak, apalagi kalo pake masqdialer, dial-
   up bisa dikontrol dari Windows.

Note:
Langkah di atas itu baru biar bisa ping thok.. soal DNS, itu lain lagi.
Saran saya sih, taroh aja DNS-server ISP di /etc/resolv.conf:

---- /etc/resolv.conf ---
search
nameserver 1.2.3.4  # IP-nya DNS-server ISP