Imam Adhita Virya ([EMAIL PROTECTED]) wrote:
: hallo kawan kawan... :)

: jaringan freebsd ini tersambung ke Internet via VSAT. Jaringan Linux saya,
: nggak saya ingin jadikan gateway, tapi sebagai proxy server departemen saya
: yang tersambung ke freebsd, tadi.
: Jadi perlu 2 card ethernet lah ya... soalnya sekalian untuk routing, IP
: dari freebsd (statik), sama ngasih ip untuk jaringan sayanya

Hmm,

jadi kira - kira begini ?

         VSAT

          | Serial
       FreeBSD               Linux
          | Ethernet           | Ethernet
          |                    |
          \----------\   /------
                     |   |
                  -----------
                  | Hub UTP |
                  -----------

                   Node Lainnya

Kalau begini, berarti FreeBSD jadi router (istilah gateway kurang tepat
secara teknis layer network, gateway lebih tepat untuk layer aplikasi).
Network address untuk VSAT harus berbeda dengan network address untuk LAN
yang tersambung ke Hub UTP.

Untuk memfungsikan Linux sebagai server (apapun), mestinya tidak ada
kendala masalah addressing lagi kalau antara Linux dan FreeBSD sudah bisa
saling 'ping' dan si FreeBSD memang sudah jalan sebagai Router.

--

  /_/    _/ /_/_/_/_/  [EMAIL PROTECTED] (Syafrudin) #include <std/disclaimer.h>
  _/_/_/_/  _/ HDS5 _/ *Everything has its own beauty but not everyone sees it