On Sun, 8 Mar 1998, Wiro Hardy wrote:

> Apa artinya pesan 'Segmentation fault (dump cored)' di Linux?

Segmentation fault biasanya disebabkan oleh:

1. Anda mem-free address space yg tidak dibuat oleh malloc.

2. Anda mengakses address yg melebihi dari kapasitas yg telah disiapkan
(wah, susah juga yah nerangin pake bhs ind, gak ada kata2 bakunya)
        contoh yg paliiing simple:
        char str[10];
        str[10] = 'g'; /* akan seg-fault */

3. Meng-cast dari satu type pointer ke type yg lain yg kebetulan
sizeof-nya tidak sama, tapi biasanya jarang.

4. Ada lagi yg lain, rekan-rekan ?

> Pesan ini muncul ketika saya mencoba menjalankan program c yang
> baru saja di compile.

Program apa sih ? Kalo ukurannya kecil bisa diposting, mungkin rekan2 di
milis ini bisa ikut membantu...

btw, kalo anda bisa memakai gdb, sangat berguna utk post-mortem debugging.
Coba anda kompile dg flag -g, lalu jalankan program anda. Kalo sudah
dapat seg-fault (core dumped), kita teliti core-filenya dg:
$ gdb program_anda core
(gdb) backtrace

nanti bisa diliat bagian mana yg bikin seg-fault tsb.

-- Anto --

-
STOP-LANGGANAN: 'unsubscribe' ke: [EMAIL PROTECTED]
START-LANGGANAN:  'subscribe' ke: [EMAIL PROTECTED]

Kirim email ke