On Tue, 5 May 1998, SI-POER wrote:

> Mau tanya ..

Silahkan.... :)

> Saya pake slackware 3.30, koneksi ke internet pake dialup.
> Ip-Masq + diald udah jalan di linux box tsb.
> Cuma DNS nya masih pake ISP punya.

Biasanya juga gitu

> Pertanyaannya :
>
> - Apakah dengan koneksi dial-up perlu di aktifkan DNS di linux box tsb.

Menurut saya tidak perlu.

> - Terus untuk mendapatkan data (name resolution) yang mungkin tiap hari
> berubah gimana ?

Cukup resolve ke DNS ISP /etc/resolv.conf

> - Rencananya saya mau masukin juga IP lokal saya di DNS tsb (ada beberapa
> mesin), apakah tidak masalah ??, mengingat mungkin saja IP lokal yang saya
> pake juga dipake oleh orang lain .

IP local ? Maksudnya IP Intranet ?
Kalau IP berupa IP Intranet ( RFC 1597 ) saya kira ngga apa-apa,
tapi buat apa ? toh kalau itu memang IP Intranet pasti ada orang laen yang
make', dan itu ngga dikenal ama routing di Internet.
Plus perlu diingat biasanya kalau dial-up ke ISP, mereka memakai dynamic
IP.  Jadi mungkin saja pas hari A kita dapet IP A lalu pas dial lagi hari
B kita dapet IP B. Lalu kalo kita mo setup DNS sendiri, sulit dong ngasih
address buat NS kita.  Nga tau lagi kalo DNS yang mo disetup cuman sekedar
secondary DNS. Tapi pertanyaanya buat apa ...?

> - Saya belum sempat baca DNS Howto, mungkin ada teman-teman yang pernah
> setup DNS dilinux, susah nggak sich ??

Ngga ada bedanya dengan setup DNS di system laen.
Saya juga pake Linux buat DNS server.

> Terima-Kasih

Kembali...

> SI-POER