On Tue, 5 May 1998, Ary Nur wrote:

> Mo tanya hal yang paling dasar nih,

jangan dasar - dasar banget lho, nanti saking dasarnya, harus orang yang
sudah menyelam dalam sampai dasar lautnya Linux saja yang tahu :-)

> Waktu linux boot, file-file apa saja yang dibaca dan dijalankan.
> Kalau di DOS kan iosys.sys, msdos.sys, command.com, config.sys dan
> autoexec.bat.

persepsi saya tentang proses boot untuk sebuah pc linux dari harddisk,
kalau ada yang salah tolong di-koreksi
- BIOS meload dan menjalankan MBR
- Kalau isi MBR-nya lilo, ya lilo itu yang dijalankan
- Kalau isi MBR-nya biasa, MBR akan memeriksa tabel partisi, me-load
        boot-sector dari partisi yang aktif dan menjalankannya
- Kalau partisi yang aktif adalah partisi Linux, dan isi boot-sector-nya
        lilo, maka lilo itu yang dijalankan
- Kalau lilo dijalankan dan user memilih satu kernel Linux, maka kernel
        Linux itu yang diload dan dijalankan
- Kernel Linux (dan kernel Unix lainnya) akan meload dan menjalankan
        program init dengan process-id 1
- program init akan membaca inittab (untuk model System V, model BSD lain
        lagi) dan menjalankan berbagai program
- program yang dijalankan secara kasar ada dua macam:
        - program yang dijalankan sekali saja, inipun ada dua
                - yang dijalankan lalu selesai, contohnya fsck
                - yang dijalankan lalu jadi daemon, contohnya named
        - program yang dijalankan terus menerus, contohnya getty
        apapun yang jalan disebuah sistem Linux (dan Unix lain), dapat
        ditelusuri awalnya dari program init (dan tabel inittab) ini.
- untuk keperluan berbeda, biasanya diperlukan skenario yang berbeda pula
        ini biasa disebut 'init state'. init state yang umum adalah
        0: state ROM BIOS monitor, kalau di Sun atau mesin lain, program
                monitor ini berupa command-line, kalau di PC ya setup BIOS
        1: state administrasi atau single user
                crash recovery mesti dilakukan di state ini
        2 ke atas: state normal atau multi-user
                kegiatan normal dilakukan di state ini
        proses dari 0 ke 1 - 2 dst itulah startup
        kalau kebalikannya itulah shutdown
        reboot mestinya ya proses shutdown lalu langsung startup
        pendefinisian 2 itu apa 3 itu apa bisa berbeda - beda, tapi
        konvensinya ya makin tinggi makin kompleks. misalnya 2 itu state
        cuma jadi client, 3 jadi server, dst. atau 2 itu text-only, 3 itu
        X-Window, dst.
        dalam inittab biasa ada init state default, yang menyatakan kalau
        tidak ada hal khusus, ke state berapa program init mesti jalan
- program yang dijalankan sekali saja biasa disebut program rc
        script rc bermacam - macam, di beberapa System V ada konvensi
        rc0.d: berisi script rc untuk masuk ke init state 0
        rc1.d: idem untuk 1
        rc2.d: idem untuk 2
        dst.
- salah satu program daemon yang biasa dijalankan adalah program cron
        program ini yang bisa di-set untuk melakukan sesuatu pada waktu -
        waktu tertentu
- salah satu yang biasanya jalan adalah program pengendali terminal
        (getty) yang akan men-setup terminal dan menampilkan prompt login:
        menunggu masukan dari pengguna terminal
- jika ada masukan dari pengguna terminal, getty akan menjalankan program
        login yang akan memproses lebih lanjut
- kalau seorang pengguna boleh login, program login akan menjalankan
        program shell (sesuai jenis shell pada /etc/passwd) atas nama
        pengguna tersebut.
        shell ini bisa berupa user shell biasa (sh, ksh, bash, ash, csh,
        tcsh, zsh, ...) atau shell khusus untuk keperluan tertentu seperti
        program setup, program backup, program shutdown, program PPP
        (pppd), program UUCP (uucico), ...
- selanjutnya kalau shell berupa user shell biasa, pengguna bisa bekerja
        melalui shell itu.

ps.
MBR: Master Boot Record
Kernel Linux: file vmlinuz atau bernama lain, hasil compile kernel

> Bingung nih, ada yang bisa jelaskan.

hint (untuk di Linux):
        man init
        man inittab
        man reboot
        man shutdown
        man login
        man crond

> Soalnya, saya udah coba distribusi Linux debian, redhat, slackware.
> Ketiganya kok punya susunan file-file yang berbeda.

memang belum ada kesepakatan, awalnya ya kalau BSD terlalu sederhana,
kalau SystemV terlalu kompleks, lalu yang campuran jadi macem - macem.

 +- and with none but Allah is the direction of my affair to the right issue;
/ /_/    _/ /_/_/_/_/    on Him do I rely and to Him do I turn (QS 11:88) ///
  _/_/_/_/  _/ HDS5 _/               [EMAIL PROTECTED] (Syafrudin)
/_/    _/ /_/_/_/_/_/   = pramuka.org - linux.or.id - estuary.klwarta.or.id =