On Fri, 9 Oct 1998, Arisandy wrote:

> mumpung lagi demen ama linux....nih
> ada yang bisa ngasi ide buat judul TA yang berbau:
> linux...system dan internet...dan asyik...

banyak yang bisa jadi TA dari Linux, contoh:
- untuk yang sifatnya application development:
        * pengembangan office-suite berbasis ncurses atau SLang (text)
        -> word-processor, sudah banyak, tinggal diberi formatting agar
                bisa bold, italic, page-setup, paragraph-setup,
                style-sheet, dan sejenisnya. format file-nya .tex atau
                .html saja, usahain bisa read dari .doc :-)
                dasar yang bisa diambil: jed
        -> spread-sheet, bisa diambil dari slsc, kebetulan yang maintain
                sudah nggak sempat lagi, ambil alih saja.
        -> database kecil, saya belum tahu dari mana enaknya, tapi ada
                beberapa, baiknya sih ambil yang bisa format .dbf
                atau kalau nggak, langsung saja database-nya berupa
                front-end ke mysql.
        -> presentation nggak perlu
        -> statistic mungkin bisa diintegrasikan, ada dari versi GNU
        -> lebih perlu integrasinya dengan email (misal pine) dan browser
                (misal lynx) atau sekalian buat juga.

        mengapa text-based ? biar XT-XT yang ada bisa dimanfaatkan jadi
        terminal, apalagi sekarang sedang krisis, cocok buat Small &
        Medium Enterprise alias Koperasi + Pengusaha Kecil dan Menengah
        Lagian, sampai sekarang kebanyakan surat menyurat, proposal, dan
        sejenisnya tetap saja mayoritas isinya text, bukan grafis.
        kan sudah ada ws4 di dos, versi dos itu nggak powerfull, kalau
        versi linux kan mestinya tetap aman mengedit file besar sekalipun
        kalau mau grafis, kerjanya pindah ke console atau X Window, kan
        sudah ada StarOffice atau ApplixWare di sono.

- untuk yang sifatnya jaringan:
        * pengembangan bootrom di linux
        ini sebetulnya sudah ada, tapi tampaknya nyari tcp/ip boot-rom-nya
        masih susah dan baru untuk sedikit jenis card.
        karena yang banyak di pasaran adalah ipx-boot-rom, mungkin ada
        baiknya sambil nunggu tcp/ip bootrom populer, kita set linux jadi
        boot server berbasis ipx, dasarnya pengembangan dari Mars/NWE atau
        dari LinWare

        * pengembangan telnet, ftp, imap4 mail client, dan text browser
                berbasis dos untuk lan
        ini juga sebetulnya sudah ada, mungkin bisa di-poles sedikit agar
        mudah di-install dan siap digunakan tanpa banyak setting lagi.

- untuk yang sifatnya ke database:
        * pengembangan odbc driver untuk mysql pada DOS
        kalau ada yang ini, wah, saya sendiri butuh :-)

itu kalau mau yang lumayan, kalau asal TA, sebetulnya sekedar setup linux
jadi router, atau jadi file server (entah samba atau mars/nwe atau
linware), intranet server, atau database server (misal mysql) dan
sejenisnya sering kali juga sudah bisa jadi TA.

belum lagi yang diseputar intranet dan database ...

 +- and with none but Allah is the direction of my affair to the right issue;
/ /_/    _/ /_/_/_/_/    on Him do I rely and to Him do I turn (QS 11:88) ///
  _/_/_/_/  _/ HDS5 _/               [EMAIL PROTECTED] (Syafrudin)
/_/    _/ /_/_/_/_/_/   = pramuka.org - linux.or.id - estuary.klwarta..or.id =