Achmad Syafii wrote:

> Saya sering dengan bahwa security-nya unix bagus.
> Nah saya punya masalah tentang itu untuk kasus sbb :
> 1. Bagaimana caranya ngeset suatu hak akses file file_a kepada user user_x
> saja dengan hak xrw ?

bila *hanya* user_x saja yang perlu punya hak rwx ke file_a,
ubah saja ownership file tersebut kepada user_x

  chown user_x file_a
  chmod u+rwx file_a
  chmod go-rwx file_a

bila user_x perlu punya rwx ke file_a _dan_ user_y perlu punya rx
_dan_ user lain nggak boleh akses, perlu diatur agar
user_y menjadi member dari group_z yang tidak memiliki member lain
(dalam Linux, defaultnya setiap user menjadi member dari group
yang namanya unik, sama dengan userid)

  chown user_x:group_z file_a
  chmod 750 file_a

-- andika