Pada tanggal 07:09 11/10/98 +0700, Effendy Kho menulis:
>Kalo untuk konek ke isp, di linux saya itu ada ppp-on dan ppp-off coba di
>pico file ppp-on nya punya saya begitu di ganti nomor telpon, username dan
>password nya langsung udah jalan deh...
>
>Ase.

Sebetulnya yang paling gampang untuk mendeteksi apakah ppp kita berjalan
dengan baik atau tidak, bisa dengan cara sambil kita tail messages-nya
(tail -f /var/log/messages). Dari situ kita bisa tau apakah scipt yang sudah
ada bisa dipakai atau perlu dimodifikasi dulu (/usr/sbin/ppp-on-dialer).

Sebagai default, pada file ppp-on-dialer tersebut, linux akan menunggu
tulisan "ogin" dan "assword", baru setelah itu login dan password yang
sudah kita set pada file ppp-on di kirim. Tapi tidak semua ISP menggunakan
kata "Login:" dan kata "Password:" untuk meminta loginnya.

Misalkan Wasantara Jogja, mereka menggunakan "Login:" dan "PassWord:"
untuk loginnya. Sehingga file ppp-on-dialer perlu kita modifikasi untuk bagian
"assword:" menjadi "assWord:".
Kemudian untuk ISP Idola, mereka menggunakan "Username:" dan "Password:"
untuk loginnya, jadi file ppp-on-dialer perlu kita edit dari "ogin" menjadi
"sername:"
Begitu juga untuk ISP lain yang tidak standard.

Yang penting kita lihat dulu dari tail -f /var/log/messages, sampai di mana
proses login terhenti.

Wassalam,
Surya