Hello Hendra,

Thursday, July 14, 2005, 9:00:06 AM, you wrote:

>  - Ternyata port USB yang ada sekarang dua-duanya yang
>  v2. Yang satu turun ke USB v1 karena ditancap USB HUB
>  (Aten tipe UH-174). Pengertian saya bahwa USB Hub itu
>  hanya sebagai 'jembatan' saja jadi kalo port aslinya
>  v1 ya keluar v1, kalau v2 ya keluar v2. Memangnya ada
>  USB Hub yang v2 ?

==== ada, tapi hub nya pakai power supply external lagi. saya pake
merk aten usb hub v. 2

>  - Enclosure HDD saya tidak ada power external yang ada
>  tambahan kabel power ke USB lagi. Kebetulan kabelnya
>  lagi ada di Jakarta jadi tidak bisa saya coba.
>  Pertanyaannya apakah pengaruh kalau dari enclosure itu
>  keluar dua kabel usb yang ditancap ke 2 usb port
>  sehingga powernya jadi cukup ?

==== iya, kalo 1 port doang gak ngangkat, mesti dicolok 2-2 nya,
biasanya sih oke.

==== nggak ngerti deh gua kalo yang ini hehehe...

>  - Apakah daya untuk masing2 port USB itu sama ? Apakah
>  dengan memasang USB Hub berarti daya yang keluar di
>  USB HUB itu adalah jumlah daya dari port notebook
>  dibagi jumlah portnya atau masing2 port memiliki power
>  yang sama ?

==== setau saya sih power usb v. 2 lebih gede dari v. 1, power
masing-masing usb port independent. tapi power keluar ini tergantung
port usb nya. saya pernah pake yg bikinan china murmer, enclosure
nggak ngangkat tuh. mungkin kalo yang bagusan, powernya lebih stabil.

--
Best regards,
SE Halim

--