Coba bantu jawab. Mungkin suhu2 di sini bisa koreksi kalau ada yang kurang
:)

Beda Pak. Memory internal lebih mirip harddisk kalau di komputer, sedangkan
cache memory mirip dengan RAM/ROM. Cache memory ini sebenarnya sharing
dengan memory yang dipakai utk menyimpan aplikasi bawaan Palm (aplikasi yang
sudah terinstal ketika device di-hard-reset). Solusinya:

1. Pakai custom ROM, dengan men-stripe aplikasi2 yang nggak perlu shg
aplikasi bawaan jauh lebih sedikit dan otomatis free pada cache memory akan
semakin besar. Oh ya, sayangnya ini nggak berlaku utk palm tx (kalau nggak
salah ya).
2. Secara rutin mereset cache memory tsb. Ada program yang bisa otomatis
reset cache setiap kali di poweroff atau pada saat free memory tinggal
sekian kilobyte.

Saya pernah coba palm tx dan treo 680, kesimpulannya di treo 680 jarang
sekali kasus sampai kehabisan cache memory (kecuali kalau habis main game
yang berat banget (prc sekitar 3mb-an). Beda dg tx. Nggak tahu juga kenapa.