Rekan2, sekedar sharing 'perubahan' selama sebulan ini :)

Setelah menjadi palm user selama sekitar 10 tahunan, akhirnya bulan lalu
mencoba beralih ke Treo Pro. Masih palm, ttp sudah bukan palmos lagi...
Kenapa nggak ke bb atau iphone? udah cobain dua2nya, bb lebih ke email
sementara iphone (selain terlalu mahal utk ukuran kantong saya :) ) lebih ke
entertainment. Jadi, dengan pertimbangan banyak software palmos yang ada
versi ppc, akhirnya dikuatkan hati utk beralih ke ppc.

Dapat baru unlocked gsm dari c***** dg harga miring. Oh ya, treo pro ini
pakai wm 6.1, ttp sudah stripped dari Palm jadi sudah tdk ada embel2 yg
bikin 'gemuk'. Sudah ada wifi (akhirnya...), 3g/hspda, dan gps. Setelah
jalan 2 hari pertama, krn nggak tahan lambatnya, akhirnya balik pakai treo
680 lama. Setelah 2 hari balik pakai 680, akhirnya menguatkan hat lagi utk
kembali mencoba si palm pro ini :)

Akhirnya setelah sebulan baru bisa men-tune-up si palm ppc ini menjadi
hampir menyamai kecepatan & usability si 680. Beberapa tips:

- callblock di ppc ternyata kurang ok (tdk spt di palm), penggantinya adalah
Magicall. Ini ternyata yg jadi culprit performance problem selama ini, krn
callblock adalah aplikasi yang pertama diinstall setelah hardreset
- resco backup di ppc juga ternyata kurang ok. Mirip ceritanya dengan
callblock, baru ketahuan belakangan pas coba restore dan gagal terus. Jagoan
di ppc ternyata spb backup
- jangan install theme, desktop manager dll kalau mau responsif
- resep utama buat bikin cepet: install memmaid. Dijamin langsung berubah
pikiran, bhw si ppc ini bisa juga sedikit menyamai speed 680 :)
- sama dg os lain, hindari sebisa mungkin os yang sifatnya residen di
memory. Prinsip ini sangat applied utk ppc 6.1

Akhirnya ini list dari program yang diinstall:
  - daynotez - versi ppc
  - handyshopper - versi ppc
  - agenda one - pengganti datebk6 (nggak match head-to-head sih, ttp masih
tolerable)
  - coreplayer - ppc
  - garmin mobile XT (ini salah satu alasan kenapa ambil treo pro ini)
  - gtimesync buat sync atomic clock
  - googlemaps
  - isilo, versi ppc
  - memmaid. Ini kudu dan wajib. Ada juga sk-plus, ttp waktu itu pernah
nggak sengaja coba2 cleanup sembarangan malah jadi sistem jadi nggak
stabil.
  - newsbreak, pengganti resco neews
  - Phatnotes, pengganti NoteStudio (juga, nggak match head-to-head, ttp
masih tolerable)
  - palringo, pengganti mundu (agak kurang bagus krn proxy ke website
mereka)
  - phm regedit, nah ini hanya spesifik utk ppc :)
  - powersms, pengganti SMS Scheduler, malah better
  - psshutxp, pengganti shortcut reset bawaannya powerhero. Oh ya, saya
belum nemu padanannya powerhero
  - ptravelalarm, pengganti mobileclock, malah better
  - splash id - versi ppc
  - styletap, untuk satu program yang bener saya butuhin ttp nggak ada di
ppc: Scrapbook (ini spt notes, ttp support cascade folder & tag)
  - total commander, pengganti resco explorer. Saya nggak pakai resco
explorer krn kelihatannya terlalu 'gemuk' dan citra resco di ppc nggak spt
di palmos
  - twikini utk twitter
  - wunderradio, buat denger online radio
  - todayplayer (ini hanya semacam plugin di today screen) sbg pengganti
ptunes. Resource sangat hemat.

Terakhir, mengenai treo pro sendiri:
- retak rambut yang dikeluhkan di forum2 sptnya sdh nggak dikeluhkan di
akhir2 (mid 2009); syukurnya saya tdk mengalami
- layar juga jernih dan tajam
- bentuk dan tampilan stylish dan cukup berkelas (menurut saya lho)
- yang paling bagus adalah headphone-nya. Dikasih stereo, dan percaya atau
tidak, suaranya lebih empuk dan bening daripada headphone ipod (nano &
touch)
- yang bagus juga adalah suara speaker, lebih jernih dan denting alat musik
lebih kentara dibandingkan dg ipod touch 3g. Jarang2 'kan palm bisa ngalahin
apple di multimedia :)
- keyboard yah lumayanlah, masih sedikit di bawah 680

Lesson learn: ternyata palmos dan ppc itu dua dunia yang berbeda (banget).
Ada lebih dan kurangnya. Ada software company yang mumpuni di palmos
ternyata keok abis di ppc. Jadi inget pepatah, dimana bumi dipijak disitu
langit dijunjung :)

Oh ya, si terong 680 masih disimpan dg manis di laci. Tetap di-charge, dan
masih menjadi organizer saya selama masa 'parallel run' sampai sebulan lagi
:)

Sejauh ini sih puas. Biar lambat (walau nggak lambat2 amat) asal selamat dan
indah, he..he.. Mudah2an next phone bisa pakai webos dari produk HP rasa
Palm :)

Regards,

isa.