> On 7/16/07, Eko Budhi Suprasetiawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Diki,
>

> Kita masih berpikir keras bagaimana membuat sebuah PROYEK GADO-GADO,
> sebuah sistem informasi
> yang dibangun dgn PHP-Ruby-Java ...
> Belum kebayang gimana ...

Bikin aplikasi apa adanya saja. Tapi masing-masing harus RESTful ;)

Plus oh ya, di Telkom Risti kita ditunggu presentasi ...
> cuma karena drivenya dari Java, minimal bentuknya JRuby ...
> bahasa/syntax Ruby yang dijalankan di atas Java web server ....
>
> Kalau JRuby itu Java atau Ruby ?

JRuby itu Ruby. Meskipun bisa pake "require 'java'", syntax-syntaxnya masih
Ruby, bukan Java.
(Sama seperti IronRuby, itu Ruby juga tapi pake virtual machine .NET CLR)

Kalau dari sisi Java programmer, JRuby itu Ruby ... Java programmer
> dipastikan harus belajar Ruby ...
> di sisi lain Ruby programmer gak harus belajar Java di JRuby :((

Sebetulnya sih nggak juga.
Gw ada satu project pake Spring, yang untuk ngurusi xml-situps pake Springy
(JRuby). Masih 'satu filosofi' dengan Groovy-Bean-Builder.
Pelan-pelan gw juga mulai pake Builder ketimbang Ant.

Ini sebetulnya preferensi pribadi sih, gw lebih suka ketemu sama block
closure ruby yang sexy ketimbang Xml.

Lepas dari "Ruby as an enterprise glue" seperti itu, ada banyak usaha untuk
mewujudkan JRuby on Rails. Thoughtworks Mingle itu boleh dibilang "pioneer".

Gw sendiri sudah bisa nge-zip aplikasi Rails 'sederhana' sebagai *.war, yang
lalu dijalanin di Tomcat 5.5.x. Masih ada "glitch" sih, tapi kalo udah kelar
ntar pasti gw tulis di blog.

Apa programmer Java harus belajar Ruby?
Ah pragmatis saja. Emang salary programmer java bisa naik kalo bisa Ruby? jk
:d
Bisa naik paling banter kalo bisa VB.NET (gimana Edy, udah sampe mana
ADO.NET-mu wekekeke.. )

Yang gw pegang sih, arah komunitas. JavaOne kemaren, dominasi diskusi Ruby
mulai menggeser .NET (dalam konteks, sebagai alternatif Java). Gebrakan
Netbeans 6 dan IntelliJ IDEA 7 untuk membundled plugin Ruby secara
out-of-the-box membuktikan bahwa memang layak investasi belajar Ruby.

Best regards,

--
http://andryshuzain.com