On 24/12/2007, Muhammad Ichsan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sebenarnya saya ingin memastikan, beberapa cell terisi dan jumlahnya
> benar. Selain itu saya ingin memastikan constrain-constrain berlaku.
> Seperti laporan akan mengambil data bulan ini saja.

berarti yang Anda maksud adalah view spec ya. saya pikir kok gak perlu
repot-repot aduh maap i mean you don't need to bother yourself digging
much deeper for view behaviour spec.

intinya behavioural driv dev kan bagaimana seharusnya user
berinteraksi dengan app, bukan bagaimana men spec coding yang sudah
ada ataupun belum ada yg diremang2x macam TDD (sundul andry ah!).

berbicara berdasarkan kekuatan dari turunan DDD, maka yang diinginkan. mis.

it "should receive netto filter result"

it "should only receive this month netto filter result"

nah di dalam specify tersebut, boleh pakai

should_receive(@object.variable)

bahkan tak perlu pakai and_return(blah) karena memang gak perlu :-)
apalagi jangan sampai cuma di stub!(:metode) tuh (hehehe ini nyindir2x
saya sendiri di masa lalu) karena pasti nggak bakal fail dia.

tetapi bottomline saya sangat menekankan you don't need to bother with
this kind of view spec, Anda tidak seharusnya men spec kalau
error_messages_for di load atau tidak di load, atau semacam untuk view
ini, perhatikan perhitungan filter tersebut adanya di ? => should be
di model . kita selalu harus curigai codes kita kalau panjang melorot
melorot di controller apalagi ada business logic di view (ini juga
termasuk pesan buat saya pribadi). kalau saya pasti akan menghapus
semua spec view yang terkait dengan listing, view hyperlink ini untuk
moderator sahaja, kalau not moderator tak boleh liat, yang saya
tekankan justru seperti bagaimana user bisa menghapus data tertentu
misalkan (dengan form / non ajax dulu karena semua proses yang
mengubah database harus POST dalam hal ini DELETE, bukan GET atau
pakai link_to tanpa AJAX ). ada lagi buat yang keranjingan spec
(termasuk saya) seperti untuk kelas turunan mail pun juga bukannya
kita spec dia model kelas bakal betulan kirim email atau nggak, tapi
yang kita tes adalah bagaimana aplikasi ini hendak berperilaku sesuai
yang diinginkan dengan product owner (ya, sundul2 lagi buat yg TDD
guys apalagi yang koboy tanpa test, jadi BDD ini sangat menekankan
komunikasi yang mesra antara geek dan customer langsung! codesnya
langsung berbicara dengan customer! dengan product owner ;-) saya
sudah ngerasakan sendiri + liat dgn mata kepala sendiri kalau customer
langsung senang / mesra dengan programmer gara-gara ada rspec!!!! =))
kaborrr, sori jadi curhat cerewet cengengesan

> Atau kamu punya usulan lain Rie?

hm susah juga ya, saya mengikuti semacam story runner maupun stories
itu sejak 2 minggu dia terlahir, saya pikir resepnya ya memang selalu
cepat dengan perubahan yang berada di edge / yg sedang mereka
kembangkan itu (trunk).. maap kalau jawabannya kurang memuaskan.

jadi inget idola saya si ryan davis sama temen2 yg bikin ZenTest
(termasuk eric hodell) your test SUCKS! use flog and heckle... anjrit!
=)) sampai berdarah2 tuh dibanting tim ruby core.

--
Arie | http://linkedin.com/in/ariekeren | http://profile.to/ariekeren/