salam...

untuk ubuntu (ato debian mungkin) bisa ambil ruby, rubygems dan rails yang
disediakan oleh repo ubuntu, untuk paket-nya rubygems & rails. (tapi saya
biasanya lebih suka ambil rails yang dari gems, so yang dari repo ubuntu
cuman ambil ruby dan rubygems buat ambil gems-nya).

untuk update gems melalui proxy, mungkin anda bisa men-setting environment
proxy http-nya dulu,
seperti ini:

[EMAIL PROTECTED] 20:03 ~]#export http_proxy=http://proxy.example.com:8080
[EMAIL PROTECTED] 20:03 ~]#gem1.8 update

untuk update rubygems dari gems mirror bisa pake cara ini :
[EMAIL PROTECTED] 20:03 ~]#export http_proxy=http://proxy.example.com:8080
[EMAIL PROTECTED] 20:03 ~]#gem1.8 update --system

untuk install rails gems-nya bisa pake cara ini
[EMAIL PROTECTED] 20:03 ~]#export http_proxy=http://proxy.example.com:8080
[EMAIL PROTECTED] 20:03 ~]#gem1.8 install rails --include-dependencies

hal yang sama bisa dilakukan untuk menginstall gems2 yang dibutuhkan laennya.
perlu diingat juga setting export http_proxy ndak harus dilakukan satu per
satu, ketika di session itu telah diset http_proxy-nya ndak usah dijalanin
lagi..

sekian dari saya yang pernah dibatesi oleh lingkungan berproxy yang
menggunakan email sebagai user:pass-nya.. (duh susah banget maenan console
klo dah nemu proxy kaya gini)

best regards,
dani_wafaul_falah
http://wafa.web.id
_berguru pada orang yang lebih sakti, masih terlalu cupu_

__from Zaki Akhmad desktop__