saya juga begitu ichsan, tidak suka testing sampai ke view, bahkan controller
aja malas

kan intinya ada di model, model udah pass test cases, programmer tinggal
santai2 lanjutin controllers, views

view itu kan termasuk UAT (user acceptance test) ya, berikan aja ke tester,
bisa manual, atau pake mis selenium

yg ptg saya cuma doyan test models ajah..

spec_server itu untuk jalanin rails dalam env=test berjalan dibelakang layar
biar ga load berulang2, gitu ya ga?

saya blom pake juga, pakenya autotest

----

Irfani