Adinda Praditya wrote:

> Iya, saya sudah rescue  ActiveRecord::RecordNotFound tapi tidak
> terselamatkan dari error itu. Makanya saya pake unless

ah masuk script/console coba, disana jalankan Bundle.find(9999000999)
nongolnya apa? *jadi penasaran masak gak AR Exception*

> maksudnya pake include gimana?

Bundle.find(params[:bundle_id), :select => "name", :include => :speeches)

utk select field tertentu utk tabel speeches itu PR yg harus Anda
selesaikan sendiri itu mestinya. *manualnya dibuka*
http://www.railsbrain.com

> Maklum d, masih sangat2 awam. Kalo besok sembuh terbang ke Singapura ga? Ga
> usa bawa durian jg gpp d.. : )

tergantung keadaan, kalau dede'ane ga dateng dari Australia ya di
Indonesia, terjadi tarik menarik awal tahun depan entah akan ke
Singapore, Bandung, atau Bali.

> Thanks,
>
> Dida

*kaburr tidurr*