Saya pertama kali memakai Ruby (mungkin seperti kebanyakan, walaupun
tidak semua rubyist) karena ingin membuat web menggunakan Rails.

Yang menarik dari ruby adalah karena:
bahasa:
sintaksnya mudah dibaca/ditulis, terlihat sederhana. ruby juga punya
naming convention yang ringkas. logika untuk loop, memakai for in,
each, sebagai alternatif untuk loop konvensional; mass assignment,
blocks, mixin sebagai gantinya interface dan multi-inheritance.
komunitas:
komunitas ruby tidak terpecah-belah (rails3==merb2). dari tingkat
pemula sampai mahir punya kesempatan yang sama membantu user lain,
sesuai kapasitasya. Dan sangat aktif, contoh kongkritnya disini:)
meta-programming:
walaupun bahasanya sederhana, isinya tetep powerful dan dinamis

language implementation:
salah satu kelemahan ruby. Sampai MRI 1.8.7, masih cukup lambat,
dukungan terhadap char-set unicode belum ada, menggunakan
green-thread/tidak bisa memaksimalkan multi-core processor. tapi dari
kelemahan2 ini orang2 tertarik untuk lebih mempelajari language
implementation (vm, llvm, AST, parsing dll) demi sebuah bahasa yang
terdesain dengan sangat cool.

sebagai efek samping dari memakai ruby/jruby mulai populer polyglot
programming, test-first development, social code networking (github,
refactormycode)

Pokoknya, kalo ngga ada Ruby, mari belajar C atau java, untuk bikin
yarv atau jruby!:D

oot: bahasa pemrograman baru nih, ioke, baru 3 minggu dirilis
http://ioke.org
http://olabini.com/blog/2008/12/ioke-0-released/
http://github.com/olabini/ioke/tree

"Thinking low-level. Writing high-level"

--- In id-ruby@yahoogroups.com, "echo_khannedy" <echo.milisgr...@...>