--- In id-ruby@yahoogroups.com, fadhil mandaga <fir...@...> wrote:

> hi small witch,
>
> gw coba ngasi solusi yg masih sedikit gw ingat:
>
> Kemungkinan itu karena file DLL tersebut tidak ditemukan di system
PATH.
> File tersebut kalau tidak punya OpenSSL dan ZLib (dari GNU). Untuk
windows
> mungkin ini ada referensinya:
> http://www.garbagecollect.jp/ruby/mswin32/en/documents/install.html
>
> Pada halaman tersebut ada link "Porting Libraries to Win32":
> http://jarp.does.notwork.org/win32/
>
> File DLL tersebut sbenarnya jg bisa d comot dari InstantRails.
>
> mgkn info td bs bantu, sory klo ada yg salah mohon di korexi
>
> 2009/3/8 Penyihir Kecil <penyihirke...@...>

Download paket2 yang dibutuhkan untuk ekstensi2 ruby (untuk kompilasi
ruby: optional; tapi jadi barang wajib kalau mau memakai ekstensi2 ruby,
seperti rubygems) diantaranya, openssl dan zlib dari
sourceforge.net/projects/gnuwin32, download jg paket2 lain kalo
dibutuhkan, seperti 'iconv'; untuk pustaka 'dl' ada di googlecode.

Saya memakai ruby di windows hasil kompilasi dengan GCC dari MinGW dan
shell MSys, (mingw.org). kalo tertarik menggunakan versi 1.8.6 hasil
kompilasi mingw bisa coba dari
http://akitaonrails.com/files/ruby_devkit-186-p279.msi sudah dilengkapi
openssl dan zlib. dan bisa dipakai untuk kompilasi ruby 1.8.7 dari
source.

perintah 'gem -l install' untuk instalasi dari direktori lokal

Kesimpulan, pengalaman saya selama memakai ruby di windows:
1. pustaka2 standar unix harus dilengkapi, download dari gnuwin32 di
sf.net
2. persiapkan mingw (saya tidak memakai cygwin) dan msys. pake Console2,
optional, dari sf.net untuk command promptnya
3. bersiap2 untuk mencari solusi workaround, kalo2 ada masalah, misal
untuk ruby 186-191 perintah backtick, exec, dan system tidak berjalan
baik. Siapkan/bikin sendiri kedua versi skrip2 #!/bin/sh dan versi *.bat
seperti untuk rake, gem, dll. pake http://github.com/quix/alt_system,
dengan asumsi ruby hanya memanggil *.bat, *.exe atau *.cmd, dan bukan
skrip2 #!/bin/sh.
4. untuk projek2 lain porting dari unix-like systems kalo ga ada
instalasi official, build dari source dengan mingw (mudah2an jalan).
5. Cari kerja dan nabung, mudah2an paling telat tahun depan sudah punya
Snow Leopard:)

Kirim email ke