Mas Agung Sachli wrote:

> Acara dibuka oleh Moderator: Mas Gery. Sesi pertama diisi oleh Mas Suprie.
> Beliau menjelaskan tentang editor vim. Didemokan bagaimana vim bisa
> menjalankan command line dari dalam editor itu sendiri. Rake, rspec dan
> perintah-perintah lainnya bisa dijalankan lewat vim.

> Sayangnya, vim tidak ada auto fill seperti layaknya di text mate.

sebetulnya di http://akitaonrails.com/2009/01/04/rails-on-vim-in-english
dijelaskan vim yang ada side pane / semacam tab disamping kiri mirip
dengan cantiknya textmate. juga disana diliatkan mungkin seperti
autocomplete nya yah. masalahnya suprie maupun arie belum sempat nyoba,
mungkin disini ada yg mau nyoba? bisa dishare? gitu?

> Setelah itu, Mas Eddy mengisi sesi berikutnya dengan menjelaskan tentang
> cara deploy aplikasi Rails menggunakan Glassfish. Berhubung Glassfish
> adalah application server berbasis Java, maka Ruby yang dipakai harusnya
> JRuby, bukan MRI. Saat demo, sedikit ada trouble, namun justru hal ini
> menunjukkan kekaliberan Mas Eddy yang sangat menguasai Glassfish. Sesaat
> setelah kutak-kutik, akhirnya aplikasi berbasis JRuby-nya jalan juga.
> Enaknya menggunakan Glassfish adalah: User interface-nya yang mudah serta
> kemampuan clustering di beberapa mesin sehingga saat deploy, cukup 1 kali
> [...]

ya, beliau memang keren.

> [...]
> Sayangnya, hanya boleh jawab 1 kali. Sebetulnya tujuan Mas Arie adalah mau
> bagi-bagi kaos, tapi nggak niat. Jadi kasih kuis dulu :D
>
> Terakhir: Makanan kali ini super banyak. Ada buah-buah-an, kue-kue (itu yg
> bentuknya segitiga enak banget tuh. Gua sampe makan 4 :D ). Juga ada yang
> nyumbang dunkin donat.
> Tadinya kira'in setelah itu masih ada Pizza & Cola-nya. Setelah
> ditunggu-tunggu ternyata baru ngeh. Pizza-nya sudah ditukar dengan kue-kue
> :D
>
> Anyway, thanks untuk Detik yang sudah menjadi host yang baik. Jangan

ID Ruby sangat welcome juga buat teman-teman kantor-kantor selain Detik
buat jadi host lho.

--
be agile XOR break; http://ariekusumaatmaja.wordpress.com/about

<*> Baca peraturan id-ruby sebelum posting
    http://rubyurl.com/gay1

<*> Ikutilah Jajak Pendapat ID-Ruby
    http://rubyurl.com/3CCt

<*> Links ID-Ruby