Inilah kemajuan tehnologi yang tidak ditunjang dengan kemajuan
kualitas (baik kualitas pelayanan maupun kualitas dari sarana
tehnologi tersebut).
Belum lama saya juga mengalami hal serupa di ATM bank Mandiri Carefour
Puri Indah, dan setelah mengurusnya ke bank penerbit rekening kami
(itupun harus menunggu hari kerja), kami masih harus menunggu lagi
selama 14 hari kerja dengan penuh was-was apakah uang tersebut bisa
kembali atau tidak. Kejadian ini yang saya alami kedua kalinya setelah
10 tahun lalu mengalami hal serupa dari Bank Duta Kebon Jeruk.

Yang lebih buruk lagi, pihak bank selalu menganggap dirinya paling
benar. Kesalahan transaksi dari mesin ATM-nya seolah tidak diakui.
Dalam pembukuan, uang kita akan terpotong sebesar dana yang tidak
terbayarkan oleh mesin ATM pada tanggal kejadian, dan baru dibukukan
kembali (dikembalikan) setelah mereka menemukan kekeliruan transaksi
di mesin ATM (14 hari setelah tanggal pelaporan). Itupun jika tidak
dilaporkan, maka selisih kekurangan bayar tidak dibukukan kembali,
jadi harus berdasarkan laporan pengaduan dari nasabah.
Selama 14 hari dana "hilang" dari pembukuan berarti hilang pula
kesempatan memperoleh bunga, point berhadiah dll. Padahal sebaliknya
jika terdapat kekeliruan membukukan dana masuk ke rekening nasabah
selama beberapa hari, maka penghapusan kembali dihitung berikut bunga
dan lainnya.
Bagaimana jika dana yang terlanjur "lenyap sementara" itu jumlahnya
sangat besar? sedangkan nasabah sangat berharap terhadap bunganya?
Sementara semakin besar selisih transaksi, semakain lama proses
pembukuan kembali.

Memang kebanyakan dari kita lebih mempercayai penyimpanan ke bank yang
umumnya menolak transaksi penarikan dana dibawah nilai tertentu
langsung ke teller, jadi mengharuskan nasabah mempergunakan mesin ATM.

Saat ini kami hanya memiliki 2 kartu ATM, satu untuk transaksi harian
dan satu lagi (BCA) dengan isi dana minimum hanya untuk transaksi yang
harus dilakukan melalui ATM (pembayaran kartu kredit, handphone, dll.)
. Jika pembayaran tersebut bisa kami lakukan langsung ke teller ybs,
maka kami tidak akan memakai jasa mesin ATM.

Untuk penyimpanan dana yang besar kami membuka rekening tersendiri dan
tidak bersedia diberikan kartu ATM. jadi transaksi langsung ke teller
atau kasir.
Dan untuk investasi dana, kami lebih mempercayakan kepada asuransi
dari pada bank. Berdasarkan pengalaman, jika pemilik rekening bank
meninggal, maka ahli waris sangat kesulitan untuk mengurusnya, bahkan
sampai diminta mengurus Fatwa Waris dari pengadilan agama (meskipun
dalam penerbitan buku rekening sudah disebutkan nama ahli warisnya -
ternyata tidak bisa dipakai sama sekali). Padahal mengurus fatwa
waris, berarti harus mengurus surat keterangan ahli waris mulai dari
kelurahan, kecamatan dan pengadilan negeri, yang semuanya minta uang
yang jumlahnya gak kecil. pengadilan agama bahkan meminta bagian
sekian persen dari seluruh harta warisan.
Jika tertanggung asuransi meninggal kami mempunyai pengalaman
mengurusnya lebih mudah, karena cukup surat keterangan meninggal dan
polis asuransinya saja tanpa adanya biaya apapun.
Kalau dihitung waktu pengurusannya sejak tanggal meninggalnya sampai
pembayaran, klaim asuransi juga terhitung lebih cepat dibanding
mengurus pencairan dana di bank, karena untuk mengurus fatwa waris
bisa memakan waktu bulanan, sedangkan dokumen klaim asuransi (surat
kematian) sudah bisa kita terima paling lambat pada hari kerja esoknya
setelah tanggal meninggal tanpa biaya.

Bank meminta dokumen asli atau fotocopi yang dilegalisir, sedangkan
asuransi hanya meminta polis asli dan fotocopi surat kematian.

Saat ini nama pemilik rekening kami usahakan selalu nama joint dengan
salah satu ahli waris (istri/suami/anak), itupun kami pilih dengan
nama: Pemilik 1 and/or Pemilik 2, jadi untuk transaksi cukup tanda-
tangan salah satu pemilik rekening.

Iman

--- In idakrisnashow@yahoogroups.com, "Bambang Ismoyo" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> Saya pernah mengalami hal serupa di ATM BCA karena di mesin ATM
hanya bisa mengambil maksimal 1.250.000 maka untuk pengambilan 5 juta
harus 4 kali pengambilan. Nah pas pengambilan ke tiga mesin bunyi
(menghitung uang) sebentar dan mati tapi uang gak nongol-nongol dan
bunyi lagi yang keluar kertas struk dengan keterangan pengambilan 1.
250.000 wah kacau nich dan kebetulan mesin ATM BCA berjejer ada 3 buah
lalu aku pindah ke mesin sebelahnya aku cek saldo Alhamdulillah
pengambilan ke tiga yang gagal tetapi tercetak keluar uang 1.250.000
di anulir oleh mesin ATM sebelahnya. Karena dianulir maka aku
lanjutkan pengambilan yang ke tiga dan ke empat.

> Berdasarkan pengalaman saya di atas coba dech saldo di cek lagi
mudah-mudahan pengambilan yang gagal dianulir lagi seperti mesin ATM
BCA

> Salam

[EMAIL PROTECTED] Behalf Of Yamin Asrofi
> Sent: 17 Agustus 2005 18:27
> To: idakrisnashow@yahoogroups.com
> Subject: [Ida-Krisna Show] Sharing pengalaman: Hati-hati di ATM
Mandiri

> Dear All,
>
> Kejadiannya kemarin, pas 17-Agustus 2005. Anak saya masuk rumah
sakit dan harus rawat inap dari tanggal 13 Agustus 2005. Pas Hari
Proklamasi itu, alhamdulillah anak saya sudah dinyatakan sehat dan
boleh pulang. Wah gembiranya hati saya dan isteri. Ketika akan bayar
tagihan rumah sakit, amat disayangkan bahwa RS tersebut belum bisa
melakukan transaksi secara elektronik (tidak bisa pakai kartu kredit
atau debit), alias masih manual. Kebetulan di RS Mutiara Bunda (yang
berokasi di Jl. r. Cipto Mangunkusumo (Jl. H. Mencong) Ciledug yang
ada hanyalah ATM Mandiri. Isteri saya yang memiliki ATM Mandiri (nomor
4097-6670-3350-XXXX atas nama Marliah A. Isa) mengambil dana yang
dibutuhkan untuk bayar RS Mutiara Bunda tsb. Pengambilan pertama
senilai 1 juta berjalan dengan lancar dan normal disertai Bukti atau
Struk dengan data sbb.: Nomor record 4069, Waktu 10:17, Terminal
SIASIIHT, Lokasi RSIA Mutiara Bunda.  Pengambilan kedua berjalan baik,
akan tetapi bersamaan dengan kartu dan bukti transaksi keluar, di
layar ATM tertera Maaf, out of service. Saya menyusul ke ATM karena
isteri agak lama di ATM tsb. Saya tanya kenapa belum selesai? Nggak
tahu Pah, hanya bisa keluar 1 juta, pas ngabil yang kedua, out of
service. Coba lagi kata saya. Dicobalah ambil lagi dan ternyata
transaksi berhasil dengan lancar dan normal, dengan bukti transaksi
nomor record 4071 , waktu 10:18, terminal SAASIIHT dan lokasi yang
sama. Dalam hal ini nomor record terlewat satu nomor (4070) dan saldo
uang berkurang 1 juta. Kami langsung menghubungi call center 14000,
karena dijawab dengan mesin penjawab teleopn, saya ganti ke nomor
(021)52997777 dan akhirnya setelah pencet pilihan menu beberapa kali,
baru diterima oleh Lusy. Lusy mencatat seluruh kronologi kejadian dari
isteri saya langsung dan menjanjikan akan diselesaikan dalam waktu 14
hari kerja. Lama juga pikir saya, kenapa tidak 14 hari kalender,
kenapa harus 14 hari kerja? Yah beginilah nasib customer, selalu harus
mengikuti aturan sepihak dari pemberi jasa. Padahal kesalahan bukan
pada kami, tetapi mesin ATM nya yang tidak bekerja dengan baik??

> Kami sudah terpotong saldo 1 juta tanpa uangnya pernah kami terima,
sekarang harus menunggu 14 hari kerja dengan keputusan yang belum
jelas akan dikembalikan atau tidak. Itu pun karena ketelitian isteri
yang langsung mengecek saldo uangnya pada transaksi kedua (nomor
record 4071) dan lama sekali kami memberikan keterangan kepada Lusy.
Semoga ini bukan kejadian yang rutin, semoga hanyalah kejadian langka
dan kebetulan sekali menimpa kami. Mungkinkah ada teman-teman anggota
milis IKS yang bekerja di Bank Mandiri dan bisa membantu?

> Wassalam,
> Yamin Asrofi
>

> =================================================================
> "Morning greetings doesn't only mean saying 'Good Morning'.
> It has silent message saying that I remember you when I wake up.
> Wish you have a Great Day!" -- Ida & Krisna
>
> Jangan lupa untuk selalu menyimak Ida Krisna Show di 99.1 DeltaFM
> Senin - Jumat, pukul 06.00 - 10.00 WIB
> SMS di 0818-333582
t=ms&k=Fm+radio&w1=Fm+radio&w2=Station&w3=2+base+radio+station+way&w4=
Business+plan+radio+station&w5=Cb+radio+base+station&w6=Radio+station
+advertising&c=6&s=148&.sig=T4LfjMUYZvpVWRDRmyv-YQ> radio       Station
<http://groups.yahoo.com/gads?
t=ms&k=Station&w1=Fm+radio&w2=Station&w3=2+base+radio+station+way&w4=B
usiness+plan+radio+station&w5=Cb+radio+base+station&w6=Radio+station+a
dvertising&c=6&s=148&.sig=0Uvo9aSTF-8X98POLRA0bQ>       2  <http://groups.
yahoo.com/gads?
t=ms&k=2+base+radio+station+way&w1=Fm+radio&w2=Station&w3=2+base+radio
+station+way&w4=Business+plan+radio+station&w5=Cb+radio+base+station&w
6=Radio+station+advertising&c=6&s=148&.sig=oy5B5zNjVEHMDEXNwmRUew>
base radio station way
> Business  <http://groups.yahoo.com/gads?
t=ms&k=Business+plan+radio+station&w1=Fm+radio&w2=Station&w3=2+base+ra
dio+station+way&w4=Business+plan+radio+station&w5=Cb+radio+base+statio
n&w6=Radio+station+advertising&c=6&s=148&.sig=hy4YMDh9yZeaSsZz4mfRgg>
plan radio station      Cb  <http://groups.yahoo.com/gads?
t=ms&k=Cb+radio+base+station&w1=Fm+radio&w2=Station&w3=2+base+radio+st
ation+way&w4=Business+plan+radio+station&w5=Cb+radio+base+station&w6=R
adio+station+advertising&c=6&s=148&.sig=mz7fwA_qsXdQlqHZ6K6YPg> radio
base station    Radio  <http://groups.yahoo.com/gads?
t=ms&k=Radio+station+advertising&w1=Fm+radio&w2=Station&w3=2+base+radi
o+station+way&w4=Business+plan+radio+station&w5=Cb+radio+base+station&
w6=Radio+station+advertising&c=6&s=148&.sig=lZ58LYu0TrVOAvWSi6vZtA>
station advertising

>   _____
>
> YAHOO! GROUPS LINKS

idakrisnashow> " on the web.

> *      To unsubscribe from this group, send an email to:
>   [EMAIL PROTECTED] <mailto:idakrisnashow-
[EMAIL PROTECTED]>

Service <http://docs.yahoo.com/info/terms/> .

> [...]
> This e-mail message is intended only for the use of the individual
or entity to which
> it is addressed and may contain information that is privileged,
confidential and exempt
> from disclosure. If you are not the intended recipient, please do
not disseminate,
> distribute, or copy this communication, by e-mail or otherwise, or
take any action in
> reliance on it. Instead, please notify us immediately by return e-
mail (including the
> original message in your reply) to [EMAIL PROTECTED], and then delete

 would our lives be like without music, dance, and theater?Donate or volunteer
in the arts today at Network for Good</a>.</font>