Harga BBM juga naik di Inggris

Ketika berada di Jawa Tengah beberapa minggu lalu, saya bertemu dengan seorang tetangga , kerjanya menyewakan mobil minibus yang ia miliki. Dia pemilik sekaligus supir.

Setelah ngobrol ke sana ke mari, pembicaraan sampai pada harga BBM di Indonesia yang makin mahal.

Dia lalu bertanya kepada saya, berapa harga bensin di Inggris mas?

Kalau dikurskan sekitar Rp 15.000 rupiah per liter, saya katakan setelah melakukan hitungan kasar di kepala. "Wah mahal sekali," katanya.

Ternyata informasi yang saya berikan sudah tidak up to date lagi.

Sejak beberapa hari terakhir harga bensin tanpa timbel di beberapa daerah di Inggris sudah menembus satu pound per liter. Kalau dikonversi sekitar 19 ribu rupiah per liter.

Tinggi sekali memang, sedangkan harga rata-rata adalah 95 pence, sekitar 18 ribu rupiah per liter.

Dalam sebulan terakhir, harga bensin sudah naik 14 persen.

Topan Katrina

Para pakar perminyakan mengatakan harga minyak semakin mahal karena Topan Katrina membuat kilang-kilang minyak di Amerika tidak bisa beroperasi.

Memang sejak Amerika dan negara-negara lain melepas cadangan strategisnya, harga minyak mentah di pasaran dunia sudah turun lagi.

Tapi rupanya penurunan harga minyak mentah itu perlu waktu sebelum bisa terlihat di pom bensin.

Seperti halnya Indonesia, Inggris adalah negara pengekspor minyak.

Dan yang lebih penting lagi, faktor-faktor dasar yang membuat harga minyak dunia melangit dalam setahun terakhir, seperti naiknya kebutuhan minyak Cina dan pendudukan Amerika atas Irak, masih tetap ada.

Tapi mengapa harga bensin di Inggris begitu? Di Amerika Serikat misalnya, saya baca harga bensin rata-rata sekitar delapan ribu rupiah per liter.

Di Indonesia, anda tahu sendiri berapa harga bensin sekarang ini.

Pengeksport minyak

Dan sama seperti halnya Indonesia, ekspor Inggris dalam tahun-tahun belakangan ini semakin menipis, sehingga diperkirakan dalam beberapa tahun ke depan negara ini akan menjadi importir minyak.

Tetapi berbeda dengan di Indonesia, harga BBM di Inggris naik turun setiap saat, tergantung harga di pasar.

Walaupun dalam beberapa tahun terakhir yang saya rasakan adalah kenaikan harga minyak semata.

Tapi di Inggris, dua pertiga dari harga bensin eceran adalah pajak pemerintah.

Kalau di Indonesia bahan bakar mendapat subsidi dari negara, di sini harga BBM justru dibebani oleh pajak yang membuat harga BBM hampir tiga kali lipat dari harga minyak mentah.

Protes

Terakhir kali masyarakat Inggris melakukan protes terhadap naiknya harga BBM adalah lima tahun lalu ketika supir truk dan petani turun ke jalan dan memblokir kilang-kilang minyak.

Protes itu berhasil, dan pemerintah tidak jadi menaikkan cukai bahan bakar.

Dan dalam kenaikan minyak kali ini, satu dua kelompok sudah menyuarakan rencana untuk turun ke jalan lagi, tetapi keinginan mereka belum mendapat sambutan luas.

Jadi mengapa orang-orang di sini diam saja dengan harga BBM yang membubung tinggi?

Mungkin alasan dasarnya adalah masyarakat pada umumnya masih bisa menanggung beban ini.

Kalau mereka sudah tidak kuat lagi, tentu tanpa ada komando, teriakan protes akan terdengar lantang.

Walaupun begitu segmen masyarakat tertentu seperti pengusaha truk dan petani sudah mulai mengeluh bahwa mereka akan gulung tikar apabila harga BBM terus tinggi seperti sekarang.

Pro dan kontra

Alasan lain saya kira adalah kenaikan harga BBM tidak langsung menyebabkan kenaikan ongkos angkutan umum ataupun harga bahan-bahan dasar lainnya.

Argumen lain yang sering diucapkan oleh lobby lingkungan adalah BBM harus dikenai pajak tinggi agar masyarakat mengurangi pemakaian bahan bakar.

Ditambah lagi, menurut mereka harga BBM yang tinggi akan mendorong terciptanya teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Berbagai alasan tadi membuat Tony Blair tidak sepusing Presiden SBY dalam menghadapi tingginya harga minyak dunia.

Sedangkan bagi saya selaku pemakai kendaraan bermotor, ada dua hal yang bisa saya lakukan; mengurangi perjalanan atau mengeluarkan sepeda dari gudang. (BBC)