Sepakat juga pak,
Namun mengingat melihat dengan mata itu kurang tepat (seperti matahari
bergerak dari timur ke barat...padahal yang bergerak adalah bumi...), dan
dengan perkembangan pengetahuan rotasi dan revolusi bumi serta perputaran
bulan dapat dihitung (shg dapat kita saksikan gerhana matahari atau bulan
dapat ditentukan waktunya-perdetik...), saya kira memanfaatkan ilmu
pengetahuan tsb tidaklah bertentangan...

Dalam kitab Bulughul Maram bab shaum penjelasan hadis 671 dan 672 tertulis
sbb :
i Jika tidak kelihatan tanggal satu ramadlan lantaran mendung atau hujan
atau lainnya, maka hendaklah kita cukupkan bilangan sya'ban tiga puluh hari,
lalu kita puasa.
ii perhatikanlah! melihat tanggal satu itu bukan ibadat. yang ibadat adalah
bershaum mulai tanggal satu ramadlan. Jadi, melihat itu sebagai alat atau
tanda untuk mngetahui tanggal satu ramadlan, tidak lain.
iii Ada hadits menerangkan bahwa Nabi saw bersabda : "Bahwa kami umat yang
bodoh. Kami tidak pandai menulis dan tidak menghitung. Bulan itu ada tiga
puluh hari, ada dua puluh sembilan hari "
Di zaman nabi saw, tidak ada alat untuk mengetahui tanggal satu melainkan
dengan melihat bulan. Oleh yang demikian, Nabi saw unjukkan apa yang mukmin
di zaman itu.
Hal itu tidak memberi arti terlarang kita mengetahui tanggal satu dengan
menggunakan hisab, yang sudah nyata dan terbukti lebih tepat daripada cara
melihat bulan.
iv Kita menggunakan hisab buat mengetahui tanggal satu sebagaimana kita dan
juga orang yang anti hisab menggunakan hisab (jam) buat mengetahui fajar dan
ghurubnya matahari, padahal menurut al Baqarah ayat 187, bahwa kit wajib
memulai shaum apabila terlihat tanda putih (al-khaththul-abyadl), dan
demikian juga menurut hadits Rasulullah bahwa berbuka shaum ialah apabila
ghurub.
Mengapakah orang yang menyalahkan hisab itu pakai jam buat imasak padda
malam dan pakai jam atau bedil, meriam, sirene buat berbuka shaum ?

Demikian kami tulis sama seperti yang ada dalam buku tersebut.
Wallahu'alam...

M. Irsyad