akur mas Dwi ... apalagi kalau tinggalnya di apartemen, terus masaknya
pakai barubara briket ya memang repot ... :)

kalau di kampung nggak masalah mas, soalnya pekarangannya lega ...
sebelum puasa kemarin pas pulkan dan kebetulan ada hajatan di rumah
masaknya juga masih pakai kayu bakar ... kebetulan minyak tanah di
sana juga lagi langka, dan kalau masak pakai gas jelas nggak kuat ...

haris
--- In idakrisnashow@yahoogroups.com, "Dwiyatno Rumlan"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mas Haris,
> Sepagian ini begitu banyak yang membahas bahaya briket batu bara.
Tapi menurut saya tingkat bahayanya briket batubara(briba) ini
tergantung dari design dan luas dapur. Kalau 'pawon'nya model
dikampung, yang terbuka menghadap kebon yang cukup luas, atau malah
menghadap ke 'alas', mungkin briba ini tidak akan memberikan effek
apapun, hanya seperti masak pakai areng padat saja. Lha buktinya,
dikampungku dulu dari bayi sampai umur 20 tahun, masaknya pakai kayu
dan arang, ya enggak ada effek apa2 sampai dunia sekarang tuh ....
Tapi kalau briba dipakai di rumah dengan ventilasi tertutup, mungkin
memang asepnya berbahaya, saya kira bukan hanya briba, pakai areng dan
kayupun juga berbahaya untuk rumah2 tertutup, apalagi juga kampung2
pada yang sempit. Belum lagi bahaya kebakaranya.

> Solusinya, mungkin untuk setiap komplek perumahan, masing2 RT
menyediakan lahan yang cukup terbuka, cukup dikasih atap, dan
digunakan sebagai dapur umum, yang mana selalu ada briba yang menyala.
Jadi at anytime, orang bisa memasak disitu, konsumsi bribanya,
dikoordinir RT, yang masaknya banyak, urunanya juga banyak. Bukankan
dengan begini, briba akan lebih effisien ?! Wah ibu2 rumah tangga
repot dong ?! Ah, enggak juga, wong yang biasanya memasak toh sang PRT.

> Kendalanya, memang orang tidak punya luxury untuk memasak yang
aneh-aneh, soalnya ...... takut menjadi gunjingan tetangga .... he

> Salam

Tired of hearing the same songs over and over?
Listen to Internet Radio! Skip songs. Click to listen to LAUNCHcast!
http://us.click.yahoo.com/.mKGzA/HARHAA/kkyPAA/iPMolB/TM