Mungkin kamu udah pernah liat Ginan dalam salah satu program MTV Indonesia, yang tampil didukung temen2 bandnya. Mood Altering. Cowok yang tengah menyelesaikan tugas akhirnya ini dengan lantang mengakui dirinya terjangkit HIV. Bersama sama temen2nya Ia mendirikan komunitas yang mendukung dan membantu para ODHA ( Orang-orang Dengan HIV / AIDS ) dan pecandu Narkoba yang ingin berhenti.

Apa artinya ketika seseorang dinyatakan sebagai HIV+ ?
Artinya dalam darah orang itu terdaoat vius HIV yang menggerogoti kekebalan tubuh, sampai bisa habis dan menyebabkan infeksi2 seperti Tuberkulosis, Pneumonia dan banyak lagi yang gak bisa dilawan. Padahal pada orang normal, infeksi2 tsb bisa dilawan. Makanya seorang HIV + harus bisa sedapat mungkin menangkal masuknya infeksi kedalam tubuh karena dia bisa menderita AIDS. Virus HIV memang ada treatment nya tapi belum bisa disembuhkan. FYI : Orang yang terkena HIV belum tentu menderita AIDS !

Gimana lo menjalani hidup sebagai seorang HIV+ ?
Gue sendiri sekarang tetap berpikir gimana caranya mengisi hari2 gue, gimana bisa bermanfaat dan lebih menghargai kehidupan dari sebelumnya, gue juga selalu berusaha mendekatkan diri pada Tuhan.

Caranya ?
Moto gue " Do my best and let God do the rest " dan gue berusaha mengimplementasikan itu kedalam hidup gue. Kayak sekarang gue dan lima teman bikin  sebuah komunitas untuk para pecandu narkoba yang pengen berhenti dengan nama Rumah Cemara ( [EMAIL PROTECTED] ) dan sebuah komunitas yang ngasih dukungan pada para ODHA yangbernama Bandung Plus Support ( [EMAIL PROTECTED] ).

Bagaimana lo bisa terjangkit HIV ?
Karena perilaku gue dulu beresiko, gue mantan pecandu narkoba, mungkin dari kebiasaan gue bertukar jarum suntik. Tapi sampai kapan pun, seorang HIV+ enggak bisa tahu pasti kapan dan gimana dia bisa terinfeksi, apakah dari gantian pake jarum suntik, unsafe sex atau perilaku beresiko lainnya.

How did you find out that you were an HIV+ ?
Tahun 2000 gue berniat masuk ke sebuah institusi yang mewajibkan gue untuk mengikuti test HIV. Ternyata hasilnya gue dinyatakan positif mengidap HIV, gue takut banget ... takut mati ! Untungnya orangtua sangat mendukung gue untuk terus bertahan hidup. Gue percaya, mati itu ada ditangan Tuhan bukan ditangan penyakit. Gue bersyukur banget sama Tuhan, kalau Dia nggak mau menerima tobat gue mungkin dari dulu gue udah di 'Skak Mat'. Dia ngasih gue kesempatan untuk lebih menghargai hidup dan berguna buat orang lain.

Sejak kapan berenti 'ngobat' ?
Sebenarnya sejak sebelum gue ketauan kena HIV+ dan kenyataan itu menjadi cambuk buat gue untuk berhenti total.

Siapa yang paling ngebantu untuk berenti ?
Orang2 yang sama seperti gue. Kita punya motivasi yang sama untuk berhenti. Makanya kita membuat komunitas  yang mendukung para pecandu ingin pulih. Karena kita kan cenderung lebih mau dengerin omongan dan nasihat  orang2 yang punya pengalaman sama. Orang lain walaupun orang penting atau pejabat, emang dia udah ngerasain giting tuh kayak gimana ?

Guilty feelings ?
Banget !! Terutama sama Bokap. Beliau orang yang paling gue sayang, karena dari kecil Bokap yang ngurusin gue. Waktu tauk gue drug addict Bokap marah besar, tapi ketika tau gue HIV+ Bokap sangat mendukung gue mungkin karena gue udah dewasa jadi pendekatannya beda.

3 hal yang paling lo pengenin saat ini ?
1. Bikin shelter untuk para ODHA yang tengah menanti ajalnya.
2. Pengen band gue Mood Altering maju ;-) hehe ...
3. Gue pengen selalu punya harapan, karena tanpa harapan hidup gak berarti apa2

Last words ....
Jauhi narkoba, cegah HIV / AIDS, tapi tidak dengan menjauhi pengguna narkoba atau para ODHA, Kami juga manusia dan butuh support. Gue yakin dengan support masyarakat kami bisa lebih berguna dari sebelumnya. (Source Go Girl)

ps : Gue wondering, emangya HIV beda ya dgn AIDS ? Trus Ginan udah denger VCO blum yaaa ...

Weather radio station Christian radio station New age radio station