From: Uni Zulfian Lubis [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, October 24, 2005 2:55 PM
To: idakrisnashow@yahoogroups.com
Subject: RE: [Ida-Krisna Show] FW: ASAL MULA THR

Mbak, Mirota Malioboro sudah buka yaa?  Seingatku, tahun lalu terbakar habis.  Kalau belum buka, Mirota dekat kampus UGM juga lumayan lengkap.  Atau di Malioboro ada Batik Margaria (disamping Toko RAMAI).  JUga bagi yang suka batik klasik ada Toko Batik Terang Bulan, di sebrangnya Batik Margaria.  Ini toko lamaaaa…banget, yang jualan dan kasirnya saja si Mbah yang punya toko.  Suka ketemu barang menarik dan enak dipakai juga.  Buatannya halus dan harganya cukup murah.

Saya setuju, makan di lesehan Malioboro mahal dan (banyak debu).  Masakannya biasa saja rasanya.  Yang dibayar mahal adalah “makan lesehannya”. Kalau mau gudeg enak, ya di Yu Djum, JL Wijilan, samping Kraton (jangan salah, ada beberapa penjual Gudeg di situ).  Pilih yang Yu Djum.  Masalahnya tempatnya kecil, dan tidak buka sampai malam.  Tapi bisa beli untuk dimakan di rumah.

Empek-empek di belakang Toko Ramai Jl. Malioboro juga sudah puluhan tahun (sejak saya masih SD pokoknya, sudah makan empek-empek itu, plus es sirop buatan sendiri).  Pilih yang Ny Kamto (karena ada beberapa penjual empek-empek juga di situ)….

Saya sarankan main ke kampong seni Kasongan.  Kalau yang nyari ide menghiasi rumah dengan kerajinan gerabah dan kayu, lumayan banyak pilihan.  Sejak tahun lalu, pas Lebaran, Pemda Yogya menggelar pameran kerajinan di Yogya Expo.  Silahkan ditengok.  Barangnya lumayan murah, dan pasti kualitasnya lebih bagus dari kebanyakan barang di Pasar Beringharjo (meskipun saya masih hobi ke Beringhardjo)…

Selamat mudik……

Uni Lubis

(mudik ke yogya juga J