-----Original Message-----
From: idakrisnashow@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Sugiarto
Sent: 27 Oktober 2005 7:00
To: idakrisnashow@yahoogroups.com
Subject: RE: [Ida-Krisna Show] Makan Udang Plus Kulitnya

Iya juga sih Pak Suharso, salut atas ketelitian Bapak sampai
memperhatikan "kotoran" udang segala, jujur aja saya baru dengar nih,
Pak..... profesi Bapak jangan-jangan peneliti atau dokter? meskipun saya
tahu persis memang ada. Tahun 1983 - 1990 saya pernah jadi peternak
udang baik udang windu or pancet (laut) maupun udang galah (udang air
tawar).  Waduh Pak mengurus bayi udang itu jauh lebih sulit daripada
mengurus bayi manusia he....he.... perhatiannya harus full 24 jam, kami
bertugas 3 shift. Kalau listrik PLN mati, harus segera menyalakan genset
(bisa diconnect secara otomatis).

Kalau pas tugas ke Jambi atau Sumsel atau Sumbar pedalaman, saya sering
keluyuran mencari rumah makan yang menjual gulai udang galah, dan kucari
yang kulitnya lunak (baru molting/ganti kulit)..... wah ini bisa dimakan
semua dari ujung kepala sampai ekornya. Juga kalau mencari kepiting atau
rajungan, biasanya saya mencari yang baru ganti kulit (bukan mencari
yang bertelur!), nggak perlu report2 mengupas kulitnya yang keras itu
saat memakannya he....he.... Kalau sdh begini saya lupa kandungan
kholesterolnya, biasanya sehabis makan baru ingat si Ali Khomsan yang
sekarang sdh profesor (di Jurusan Gizi IPB) he.....he....

Pernah suatu pagi saya belanja di suatu supermarket di Depok, langsung
ke loket ikan/udang, saya lihat harga udang pancet (windu) kok lebih
murah sekali daripada udang Jerbung (putih), yaitu cuma Rp 35 ribu per
kg, sementara udang putih dijual Rp 60 ribu/kg. Lalu saya panggil si Mas
penjualnya, apakah tdk salah harga nih Mas? Lalu dia cari duty
managernya. Ternyata katanya nggak salah harga. Lalu saya bilang jangan
menyesal lho, kalau udang pancetnya saya beli semua.......! Seumur-umur
tdk pernah harga udang pancet dibawah harga udang jerbung...... Soalnya
kalau udang jerbung dimasak susutnya banyak (kempes), kalau udang pancet
sih relatif tetap dan dagingnya kenyal, dan kalau dimakan bunyi
kres-kres, apalagi kalau masih segar. Besok-besoknya pas saya balik lagi
mau beli udang di situ ternyata harganya tdk tertukar lagi.... rupanya
dia sdh mulai pintar membedakan udang.

Satu lagi ceritera, ada penjual kepiting "bertelur" mengejar-ngejar saya
di depan suatu supermarket, dia tawarkan kepiting "telor" katanya dia
baru datang dari Pamanukan - Subang.  Bawa satu pikulan kepiting
besar-besar. Lalu saya periksa satu persatu, lalu saya bilang "Mas,
kepitingmu memang gemuk dan besar-besar, tetapi ndak mungkin bertelor
wong jantan semua...." Lalu dia bilang "Lho kok bapak tdk percaya, swear
Pak, ini kepiting bertelor". Lalu saya bilang "iya Mas kepitingmu
bertelor kalau dimasaknya sama telor ayam atau telor bebek/itik", lalu
saya ngeloyor pergi.... Dia tetap mengejar saya, beli-lah Pak. Mas, saya
ini pernah membudidayakan kepiting, jadi tahu persis mana anak kepiting
betina dan mana yg jantan, apalagi kalau kepiting yang ukuran besar
lebih gampang lagi membedakannya! Lalu saya kasih kuliah sedikit cara
membedakan yang jantan dan yg betina. Yang jantan tutup perutnya lebih
kecil bentuknya biasanya seperti segitiga meruncing ke atas, sedangkan
yang betino bentuknya lebar dan membulat (gunanya utk menutupi telur
yang sedang dierami / kalau sdh dikeluarkan dari tubuh yang betina).
Dari bentuk capitnya, kalau yang jantan selalu lebih besar, utk ukuran
tubuh yang sama. Ternyata dia baru mengerti, dan dia merasa ditipu oleh
temannya. Akhirnya saya beli sekitar 4 ekor sekadar utk menghibur
dia......

Wassalam,
Sugiarto