Mau nambahin aja. Menurut saya penggunaan fluoride dalam pasta
gigi 'kan tidak untuk ditelan toh ? Yang harus diwaspadai adalah
permen yang mengandung fluoride (?). Ada di pasaran dengan info yang
mungkin memang menyesatkan.

Untuk anak2 balita, ada pasta gigi yang boleh ditelan (zwitsal), dan
itu tidak mengandung fluoride.

Apakah ada yang mengkonsumsi pasta gigi (ditelan) sehingga harus
kuatir seperti itu ?

Salam,

SASONGKO

--- In idakrisnashow@yahoogroups.com, Melanie Sadono
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear temans...
>   informasi tentang fluoride (F) sepertinya "agak" dibesar-
besarkan walaupun tidak seluruhnya salah
>   maksudnya disini F yang dijelaskan hanya sisi buruknya atau
keburukannya saja karena selama ini memang sudah sangat sering kita
mendapatkan informasinya bahwa F dapat "menguatkan" gigi, mencegah
gigi berlubang (karies) tetapi tidak dijelaskan side effectnya,
karena biar bagaimana pun bahan kimia "pasti" mempunyai efek samping
jika "intake" yg berlebihan
>   mungkin sedikit saya jelaskan kenapa dan bagaimana sih F dapat
mencegah gigi berlubang, yaitu fluor dalam bentuk ion dapat
menggantikan gugus hidroksil yang terletak pada bagian ujung kristal
OH-apatit (suatu komponen utama pada email) sehingga menjadi kristal
F-apatit yang bersifat tidak mudah dilarutkan oleh asam
>   Oleh karena itulah mengapa dianjurkan pemberian F pada anak-anak
untuk memperkuat giginya kelak

>   Namun, perlu kita pahami pemberian F seperti "pedang bermata-
dua", yaitu jika kelebihan juga bisa mengakibatkan dampak buruk
(seperti yg ada pd artikel dibawah ini) seperti Fluorosis (Motled
Enamel) dll.
>   Mekanisme mengapa F bisa mengakibatkan seperti yg dijelaskan
pada artikel tersebut salah satunya adalah ion F dapat menghambat
salah satu siklus yaitu daur krebs, suatu reaksi oksidasi yang
menghasilkan NADH dan FADH2 yg dibutuhkan siklus selanjutnya yaitu
rantai respirasi, sehingga jika siklus sel-sel mengalami gangguan dg
sendirinya terjadi hambatan yg gejalanya seperti dijelaskan di
artikel tsb. Juga pada rongga mulut, jika kelebihan F (dari pasta
gigi) juga dapat menghambat kerja enzim salah satunya peroksidase yg
berfungsi mencegah bakteri maupun virus masuk ke dalam tubuh manusia.

>   Sehingga intinya adalah, sebenarnya berapa sih kebutuhan yg
berefek positif dan mencegah gigi berlubang atau untuk kebutuhan
manusia? ......hanya 0,7 ppm (part permillion)-F (hanya 0,7 bagian
persejuta!!) hanya sedikit......, ditambah lagi bagi keluarga yg
menggunakan air tanah sebagai konsumsi keluarga kemungkinan F sudah
terkandung dari air minumnya (hanya data di Indonesia yg beribu
pulau belum ada secara rinci).
>   Supaya kita tidak over khawatir, segeralah periksakan air minum
yg kita konsumsi...berapa sih kadar F nya? kalau sdh diatas 0,7 ppm
hentikan penggunaan F belebihan.
>   Satu hal lagi bahwa kelebihan F tidak dibuang melalui urin atau
keringat atau feses tapi jika tidak digunakan akan "mengendap"
selain di tulang dan gigi juga organ vital lainnya

>   Untuk anak-2 yg dianjurkan dokter untuk mengkonsumsi tablet F,
sebaiknya tidak lebih dari 3 bulan, dosisnya pun seminimal mungkin

>   Ok semoga informasi dari saya bisa mengisi "sesudut" otak kecil
kita, tanpa mengabaikan ataupun menjadi "parno" dg F....

>   Salam,
>   Melanie Sadono
> Ida arimurti <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>
>     st1\:*{behavior:url(#default#ieooui) }                SAYA
DAPAT ARTIKEL INI DARI KIRIMAN TEMAN SAYAÂ…BENARKAH MENURUT TEMAN
TEMAN PENDAPAT DIBAWAH INI ?

>   Bagi yang jarang atau nyaris nggak pernah gosok gigi,
keliatannya bisa sedikit lega.
>   Tapi dampak yang lain.......??? :Kasus Penipuan TERJAHAT DAN
Terbesar Abad ini !!!

> [...]
penelitian yang
>   dapat dipercaya dari berbagai belahan dunia terbukti menunjukkan
fakta
>   yg sebaliknya. Tapi kenapa hal ini ditutup-tutupi? AJAIB!
>
>   Sebelum anda membaca tulisan dibawah ini, yg mungkin anda tidak
>   percaya, lakukan ini:
>   Masuk ke Google.com, lalu ketiklah kata kunci Fluoride! Lalu
anda
>   (harusnya) akan terbelalak kaget.
>
>   Robert Carlton,Ph. D., mantan ilmuan EPA AS di `Marketplace'
>   Perusahaan Broadcast Canada, pd 24 November 1992 menyebut
Fluoridasi adalah
>   KASUS PENIPUAN ILMIAH TERBESAR DI ABAD INI!!! (situs
anglicancommunion.org)

>   Prof. Albert Schatz Ph.D. (Ahli Mikrobiologi) Penemu
Streptomycin dan
>   Pemenang Nobel. : `Fluoridasi adalah PENIPUAN TERJAHAT untuk
mengeruk
>   keuntungan yg pernah dilakukan dan itu menelan korban lebih
banyak dari
>   pada bentuk penipuan lainnya.'
>
>   Dr. Charles Gordon Heyd, Mantan Presiden Asosiasi Kesehatan
Amerika:
> [...]
>   DAMPAK yang SERIUS DLM JANGKA PANJANG.
>
>   Agustus 2002, BELGIA MENJADI NEGARA PERTAMA DI DUNIA yg MELARANG
>   penggunaan berbagai suplemen FLUORIDE, tablet, obat tetes,
permen karet,
>   dll yg berfluoride DITARIK DARI PASARAN KARENA BERACUN dan
menyebabkan
>   RESIKO BESAR bagi kesehatan fisik maupun psikologis. Keputusan
ini
>   dikeluarkan Menteri Kesehatan Masyarakat Federal
>   (shirleys-wellness-cafe.com/#belgium)
>
>   FLUORIDE TIDAK MEMBERI EFEK MENYEHATKAN DALAM MENCEGAH KERUSAKAN
GIGI
>   DAN TULANG PADA MANUSIA. Th 1990 Dr. John Colquhoun melakukan
>   penelitian pada 60.000 anak sekolah dan tidak menemukan
perbedaan kerusakan pada
>   gigi antara yg menggunakan fluoride dan yg tidak, bahkan itu ia
>   menemukan sejumlah anak pada wilayah yg diberi fluoride
menderita keropos gigi
>   yg disebut FLUOROSIS.
>
>   98% wilayah Eropa Barat telah menolak fluoridasi air, termasuk
>   Austria, Belgia, Denmark, Prancis, Italia, Luxembourgh, Jerman,
Belanda,
>   Finlandia, Swedia dan Norwegia.
>
>   Fluoride adalah zat kimia kunci dalam memproduksi BOM ATOM!!!
>   Fluoride sangat esensial untuk memproduksi Bom Uranium dan
Plutonium untuk
> [...]
>   all-natural.com/fleffect.html)
>
>   Sebagian besar bangsa Eropa, termasuk Jerman, Belanda, Swedia,
dan
>   Prancis MELARANG PENGGUNAAN FLUORIDE dalam tempat-tempat
kesehatan
>   masyarakat. (situs chemtrailpatrol.com/cpr_fluoride_menu.htm)
>
>   Efek biologis Fluoride
>   (dlm buku Flouride the Aging Factor-Dr.John Yiamouyiannis):
>   - Gigi Fluorosis (keropos) merupakan tanda pertama kontaminasi
fluoride.
>   - kerusakan gigi (pada stadium lanjut-gigi bergaris-garis gelap
terlihat seperti lubang) dan gigi tanggal.
>   - penelitian di Cina, pemberian fluoride dg dosis rendah pun
telah menyebabkan berkurangnya kecerdasan pada anak-anak
>   - Penuaan Dini
>   - Aborsi Spontan
>   - Tulang yang rapuh
>   - Kanker,-Fluoride bersifat Carcinogenic (PENYEBAB KANKER):
>   Departemen Kesehatan New Jersey mengkonfirmasi bhw terjadi
peningkatan 6.9%
>   kasus tulang melengkung akibat kanker tulang pada anak muda
dalam komunitas
>   yg menggunakan fluoride, dan peningkatan 5% dalam SEMUA JENIS
KANKER
>   dalam komunitas yg menggunakan Fluoride. Dean Burk, Kepala
Bagian Kimia
>   Institut Kanker Nasional mengakui dlm dengar pendapat dengan
kongres,
>   bahwa SEDIKITNYA 40.000 KEMATIAN KARENA KANKER di tahun 1981
BERKAITAN
>   DENGAN FLUORIDE!
>
>   Burk menyatakan bahwa FLUORIDE LEBIH MENYEBABKAN KANKER DAN
MERUPAKAN
>   PENYEBAB TERCEPAT DARI PADA ZAT KIMIA LAINNYA.
>
>   Tapi selain yang dijelaskan buku itu, ternyata ada
juga `manfaat'
>   fluoride dibawah ini:
>
>     - Tidak berfungsinya Thyroid. Diidentifikasi sbg
hypothyroidism.
> [...]
>       (sightings.com/health/fluoridetruth.htm)
>     - Kemandulan. Ilmuwan Administrasi Makanan dan Obat (FDA)
>       melaporkan korelasi yg erat antara menurunnya tingkat
kesuburan perempuan
>       kelompok usia 10-49 dg meningkatnya penggunaan fluoride.
>     - Kerusakan Otak. Fluoride menurunkan kapasitas kecerdasan
>       manusia, terutama Anak-anak. Tingkat kecerdasan anak-anak yg
menggunakan
>      fluoride SECARA SIGNIFIKAN lebih rendah dari anak2 yg tidak
diberikan

>   fluoride. (Li, X.S., Zhi, J.L., Gao, R. O., `Efek pemberian
Fluoride
> [...]
>   Percobaan Dr. Phyllis Mullinex terhadap tikus menunjukkan efek
keracunan
>   syaraf yg bervariasi pada setiap tahap kedewasaan, baik hewan
dewasa,

>   hewan anak-anak, atau melalui placenta ketika bayi masih
didaalam perut.
>   Sampel yg mendapatkan fluoride sebelum lahir akan terlahir
sebagai anak
>   hiperaktif DAN AKAN TETAP SEPERTI ITU SEPANJANG HIDUPNYA. Mereka
yg
>   diberi fluoride ketika berusia muda menunjukkan aktivitas yang
DEPRESIF.
>   Tahun 1998 Guan et al. memberi dosis yg sama dengan yg
digunakkan
>   Mullenix dan menemukan pada percobaannya bahwa beberapa zat
kimia kunci dalam
>   otak, ZAT YG MEMBENTUK SELAPUT SEL OTAK, pada tikus yg diberi
Fluoride tidak terlihat/ KOSONG.
> [...]
>   Fluoride akan menyebabkan KERETAKKAN TULANG PINGGUL 2 KALI LIPAT
>   (200%!!!)
>   dari jumlah keretakkan tulang alami, baik pada laki2 maupun
perempuan.
>   Bahkan tingkat yg sangat kecil dari Fluoride sejumlah 0.1 ppm
pun tetap
>   saja menunjukkan kenaikan angka statistik keretakkan tulang
pinggul yg
>   signifikan (Bordeaux Penelitian JAMA 1994)
>     - Osteoporosis (keropos tulang), kerangka tulang tidak
>   beraturan, dan Arthritis (Asam Urat). Para ilmuwan EPA
Washington mengumumkan
>   bahwa meningkatnya jumlah orang yg memiliki gejala `carpal-
tunnel' dan
>   sakit asam urat diakibatkan oleh proses fluoridasi dalam air
minum. Dan
>   di India Tengah, pencemaran fluoride pada air akibat sebuah
penggalian
>   yg tidak melalui pengujian, menyebabkan PENDERITAAN ASAM URAT
YANG
>   SERIUS PADA JUTAAN ORANG!!! Yang merupakan BENCANA NASIONAL.
(Manchester
>   Guardian 9 July 1998). Pelayanan Kesehatan Masyarakat AS telah
menyatakan
>   bahwa fluoride membuat TULANG LEBIH RAPUH dan EMAIL GIGI LEBIH
MUDAH
>   MENYERAPNYA (kandungan fluoride dlm pasta gigi)
>     -  Penggunaan Fluoride selama masa kehamilan hingga setahun
>   meningkatkan 1% KETIDAK MAMPUAN BELAJAR pada anak-anak.
(Penelitian
> [...]
kelelahan
>   kronis, IQ yg rendah, tidak mampu belajar, kelesuan dan depresi
(Situs
>   bruha.com/fluoride/)
>     - Dr. Phyllis Mullenix dari Institut Penelitian Forsyth
>   Universitas Harvard (Institut penelitian gigi) menerbitkan
sebuah penelitian
>   yg menunjukkan bhw FLUORIDE LEBIH EFEKTIF DARI PADA TIMAH DLM
>   MENURUNKAN TINGKAT IQ pada anak-anak. (situs naturalrearing.com)
>     -  Penelitian kanker oleh Program Toxicology Nasional
>   melaporkan sampel yg diberi fluoride memiliki TUMOR THYROID,
TUMOR RONGGA
>   MULUT, DAN TUMOR HATI YANG SEBENARNYA JARANG TERJADI.
>     -   Penelitian baru2 ini di Jurnal Penelitian Otak mendapati 1
>   ppm fluoride dalam air akan meningkatkan kandungan alumunium
dalam otak
>   tikus percobaan dan memproduksi sejenis zat yg merusak otak
(amyloid
>   deposits) berhubungan dengan penyakit Alzheimers dan jenis2 lain
dari kegilaan.
>     -  Penelitian selanjutnya terhadap binatang percobaan
>   mendapati fluoride dapat menghambat kelenjar pineal yg
memproduksi melatonin,
>   hormon yg membantu mengatur berbagai perubahan pada masa
pubertas. Dlm
>   penelitian ini, hewan yg diberi fluoride berkurang tingkat
metabolisme
>   melatoninnya dlm air seni mereka, dan lebih awal mengalami
perubahan2
>   masa pubertas. (mercola.com/2002/jan/30/flouridation_facts.htm)
>     - TUMOR TULANG ditemukan pada hewan percobaan SEBAGAI REAKSI
>   LANGSUNG PEMBERIAN FLUORIDE. (Program Nasional Pemerintah
Federal
> [...]
>   Ternyata capek juga lho menulisnya.
>   Silahkan anda teruskan pencariannya ya? Dan kolo udah capek
juga,
>   silakan buang pasta gigi anda jauh-jauh, dan tolong beri tahu
semua orang
>   yg anda sayang.
>
>   Solusinya?
>
>   Yg sudah saya temukan saat ini, pembersih dan penjaga kesehatan
mulut
>   yg tidak mengandung fluoride, alkohol, sodium lauryl sulfate,
dan
>   sorbitol (bahan2 berbahaya yg umum dlm pasta gigi/ mouthwash)
adalah
>   mouthwash dari Mustika Ratu-Indonesia, dengan 2 pilihan, yaitu
cengkeh dan
>   sirih. (ini sama sekali bukan promosi), tapi bentuk pasta-nya
belum saya
>   temukan. Atau pilihan lain yang paling aman, adalah menggunakan
kayu siwak.
>   Ada yg punya info mouthwash atau pasta gigi `aman' lainnya?
>   Wassalammualaikum wr wb
>
>   NOTES: apa jangan jangan ini cuman theres something behind it ?
IKLAN ?

> =================================================================
> "Morning greetings doesn't only mean saying 'Good Morning'.
> It has silent message saying that I remember you when I wake up.
> Wish you have a Great Day!" -- Ida & Krisna
>
> Jangan lupa untuk selalu menyimak Ida Krisna Show di 99.1 DeltaFM
> Senin - Jumat, pukul 06.00 - 10.00 WIB
> SMS di 0818-333582
> =================================================================

>         Radio station advertising   Satellite radio stations   Cb
radio base station     Weather radio station   Radio station
promotion   Christian radio station

>  [EMAIL PROTECTED]
>
>     Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of
Service.

>  Yahoo! Music Unlimited - Access over 1 million songs. Try it free.

Create your own customized LAUNCHcast Internet Radio station.
Rate your favorite Artists, Albums, and Songs. Skip songs. Click here!
http://us.click.yahoo.com/r4oloD/xA5HAA/kkyPAA/iPMolB/TM