DIBERI VITAMIN TERUS-MENERUS

Putra saya (4 tahun) dengan BB 15 kg, sejak usia 2 tahun sudah saya beri suplemen vitamin tablet atau sirup setiap hari. Yang ingin saya tanyakan, adakah dampak pemberian vitamin secara terus-menerus? Bagaimana membedakan vitamin yang bagus dan kurang bagus? Sejak usia berapakah sebenarnya anak sudah bisa diberikan suplemen vitamin? Demikian pertanyaan saya, terima kasih atas jawaban Dokter.

Jentina - Bandung

Sayang Ibu tidak memberikan data TB karena untuk menentukan status gizi seorang anak yang dilihat adalah perbandingan dengan BB ideal menurut TB-nya. Secara garis besar, jika TB putra Ibu kami anggap ideal untuk usianya yang 4 tahun (± 103 cm), maka BB 15 kg termasuk status gizi cukup.

Pada prinsipnya, anak sehat yang mengonsumsi makanan yang mengandung semua zat gizi dengan jumlah sesuai dengan usianya dan berkomposisi seimbang tidak memerlukan suplementasi vitamin dan mineral. Suplementasi vitamin sebenarnya hanya diindikasikan pada anak terlantar, anak yang sakit berat sehingga terganggu asupan makanannya, dan anak yang mengonsumsi diet khusus, misalnya vegetarian, anak-anak berpenyakit metabolik, dan lain-lain. Pemberian vitamin yang berlebihan dapat berisiko keracunan (toksisitas) yang dikenal dengan istilah hipervitaminosis.

EFEK PEMBERIAN VITAMIN

Sekarang putri saya Frisya (10 bulan) belum mau susu formula dan enggak bisa kalau mau bobo enggak nenen dulu. Mungkin sudah jadi kebiasaan tiap mau tidur harus menetek dulu. Baik mau tidur siang atau tidur malam, kalau tangannya memegang bibir dan hidung, langsung saja tidurnya nyenyak. Tapi makannya jadi sedikit. Malah pernah enggak mau makan sampai harus dikasih vitamin. Namun vitamin yang saya berikan itu apakah salah, karena tidak sepengetahuan dokter. Bagaimana ciri vitamin yang aman? Soalnya saya jadi ngeri mengingat saya pernah membaca bahaya efeknya jika kita asal-asalan memberikan vitamin. Pertanyaan lainnya, apakah benar imunisasi Vaxiagrip harus 2 kali, MMR penting tidak sih? Seberapa pentingkah? Karena kalau dipikir-pikir, dulu tidak ada imunisasi macam-macam toh kita semua bisa sehat, malah banyak yang jadi dokter seperti Anda.

Leila Fitri - Bandung

Sebaiknya Ibu menyertakan data BB dan TB-nya sehingga saya dapat memperkirakan status gizi putri Ibu. Sebenarnya kebiasaan menetek saat tidur dapat dicegah. Seharusnya sejak awal ia dibiasakan menyusu sambil dipangku dan bukan sambil tidur di tempat tidur. Jadi tidur untuk tidur dan menyusu untuk menyusu. Bukan menggabungkannya jadi tidur sambil menyusu. Saya tidak tahu vitamin apa yang Ibu berikan, jadi saya tidak bisa menganjurkan untuk memberinya atau tidak. Pemberian vitamin dapat dibenarkan jika memang dibutuhkan, tetapi jangan diberikan terus-menerus. Banyak orang tua yang memberikan anaknya vitamin "seumur hidup" si anak, suatu hal yang kurang baik, kecuali atas indikasi yang jelas. Sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter. Pemberian vitamin yang berlebih misalnya vitamin A dapat menimbulkan gejala sakit kepala.

Imunisasi vaxigrip tidak rutin diberikan pada semua anak mengingat efektivitasnya untuk mencegah flu tidak sebaik vaksin lainnya. Bisa diberikan pada usia 6 bulan ke atas, 2 kali pemberian dengan interval 1 bulan. Ulangannya diberikan tiap tahun sekali. Sebaiknya diberikan pada anak yang sering kena flu atau penderita asma. Pada anak dengan asma timbulnya flu dapat memacu serangan asma. Imunisasi MMR juga perlu untuk mencegah campak, campak Jerman dan gondong. Hingga saat ini tiap tahun sekitar 100.000 anak meninggal dunia akibat terserang penyakit campak serta komplikasinya karena tidak diimunisasi campak (data WHO).

Pemberian imunisasi mutlak perlu. Pendapat yang mengatakan zaman dulu tanpa vaksin juga kita sehat-sehat saja adalah sangat keliru dan menyesatkan karena tidak didukung oleh fakta dan data. Sejak dilakukannya program imunisasi di dunia, angka kematian dan kecacatan bayi dan anak sudah jauh menurun dibanding era sebelumnya sehingga menciptakan generasi yang lebih baik.

BERI SUPLEMEN VITAMIN HARUS SEPENGETAHUN DOKTER

Dokter, putri pertama saya berusia 8 bulan, saat lahir BB 3,1 kg dan PB 49 cm sementara saat ini BB 6,5 kg dan PB 66 cm. Dia susah sekali makan makanan pendamping ASI. Tim saring yang saya berikan juga hanya dimakan sedikit. Akhirnya, saya coba memberi suplemen penambah nafsu makan yang banyak dijual di pasaran. Ternyata cara itu berhasil karena nafsu makan si kecil kelihatan membaik. Tapi seiring dengan penghentian suplemen itu, nafsu makannya kembali susut.

Pertanyaan saya, bagaimana caranya agar nafsu makan si kecil baik? Berbahayakah jika saya sering memberinya suplemen itu? Adakah efek samping suplemen itu?

Dina -­ by email

Seharusnya BB ideal bayi perempuan dengan PB 66 cm adalah 7,4 kg, jadi tampaknya putri Ibu berstatus gizi kurang. Selain itu si kecil juga mengalami gagal tumbuh. Perkiraan kenaikan BB minimal pada 3 bulan pertama adalah 20 g/hari, kemudian 15 g/hari pada 3 bulan kedua, selanjutnya 12 g/hari pada 6 bulan berikutnya. Berdasarkan hal tersebut seharusnya BB-nya pada usia 8 bulan minimal (3,1 kg (BB lahir) + 3,9 kg =) ± 8 kg. Mengingat penyebab gagal tumbuh pada seorang anak itu sangat banyak, sebaiknya Ibu berkonsultasi pada dokter spesialis anak setempat yang mendalami bidang Gizi Anak untuk mencari penyebabnya sehingga dapat ditangani dengan tepat. Pemberian suplemen vitamin tanpa sepengetahuan dokter dapat berisiko kelebihan dosis.