Sore itu seperti biasa hujan mengguyur Jakarta tidak
begitu deras memang.
Sambil menahan dingin di angkot yang membawa saya ke
lebak bulus saya pikir saya mau singgah di warung baso
sekedar menghangatkan perut, tak apalah saya sedikit
telat sampai rumah, kan tidak tiap hari. Setelah
selesai menyantap baso, dengan payung kecil sembari
celingukan, saya mencari angkot. Akhirnya dapat juga
..ah aman nich..saya pikir.

 Angkot hampir penuh, ketika perhatian saya tertuju
pada sesosok Nenek yang kondisi fisiknya sudah bungkuk
sekali yang duduk di depan saya, saya seperti
terhipnotis, mata tak sedikitpun berkedip. Atau boleh
dibilang sambil berkaca kaca.Saya hanya berpikir dan
bertanya dalam hati, tegakah anak,cucu atau saudaranya
membiarkan nenek ini bepergian sendirian. Tapi saya
tidak mau lebih lanjut menghakimi siapapun. Hanya
berdoa, Ya Allah, Engkau membiarkan nenek ini masuk
dan ikut dalam angkot yang saya tumpangi, tentunya ada
maksud dan hikmah yang saya harus saya ambil, ijinkan
saya untuk berbuat sesuatu untuknya sesuai kemampuan
saya.

Sepanjang perjalanan, si nenek tertidur dengan kepala
hampir menyentuh lututnya, Sementara semua penumpang
seperti terkantuk kantuk kelelahan. Penumpang satu
persatu turun, hanya tinggal bertiga yang tertinggal
di dalam angkot. Saya kemudian turun duluan untuk
membayar ongkos, setelah selesai saya liat nenek itu
susah payah turun dari angkot. Saya pun bergegas
memapahnya dan membawanya turun. Saya tuntun dan saya
tanya, Nenek mau pulang kemana? Ke Kemang Proyek
jawabnya singkat..Wah saya pikir  satu jurusan dengan
saya ke arah Bogor. Kemudian saya tanya nenek dari
mana ? dia menjawab singkat Grogol. DegÂ…saya makin
miris, dari Grogol ke Bogor? Sendirian bepergian
dengan kendaraan umum? Dalam usia sesepuh itu?

Tanpa berkata kata lagi saya stop angkot jurusan
Bogor. Dan menaikkan si nenek ke dalam, lalu saya
sendiri. Kami duduk berdua dalam diam, kemudian satu
persatu penumpang bertambah dan saya perhatikan si
nenek kembali tertidur. Angkot melaju kencang menuju
arah Bogor, akhirnya saya menyetop di depan gerbang
perumahan.
Sebelum saya turun saya tengok lagi si nenek, masih
tertidur. Saya pun mewanti wanti si sopir untuk
menurunkan si nenek di daerah yg dia tuju.

Saya cepat menghambur mencari ojek, karena tidak tahan
lagi menahan panasnya  air mata yg mengalir di pipi.
Begitu sesampainya di rumah, Saya pandangi, photo
almarhumah nenek dan kakek yang darinya saya belajar :

Tentang arti cinta yang tulus dan ikhlas tanpa pamrih
Tentang kehidupan yang penuh perjuangan
Telajar tentang ketegaran seorang wanita menghadapi
badai kehidupan
Tentang Srikandi
Tentang sang Dewi Padi

Pandanganku beralih ke album ayah dan ibuku
Ah..pancaran usia yang tersisa jelas tergambar
Pernahkah aku membahagiakan mereka selama ini?
Aku bertanya dalam hati

Ya Tuhanku,
Ampunkan aku dan dosa kedua orang tuaku
Dan sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku
waktu kecil
Indahkan kepada mereka ucapanku
Haluskan kepada mereka tabiatku
Lembutkan kepada mereka hatiku
Jadikan aku orang yang sangat mencintai mereka

Ya Rabb
Untuk setiap derita yang menimpa mereka karenaku
Untuk setiap hal yang tidak enak yang mengenai mereka
karena aku
Untuk setiap hak mereka yang aku abaikan
Jadikan itu semua penghapus terhadap dosa mereka
Ketinggian derajat mereka
Kelebihan dalam kebaikan mereka

Ya Allah
Untuk setiap pembicaraan mereka yang melanggar batas
kepadaku
Untuk setiap perbuatan mereka yang berlebihan kepadaku
Untuk setiap hakku yang mereka lalaikan
Untuk setiap kewajiban terhadapku yang mereka abaikan
Semua sudah aku berikan kepada mereka
Dan aku ikhlaskan atas mereka
Dan aku tidak membenci cara mereka memperlakukanku

Mereka punya hak yang terlalu besar  dari diriku
Kebaikan yang terlalu utama terhadapku
Pemberian yang terlalu banyak bagiku
Sehingga aku tidak bisa membalasnya dengan adil
Atau memberikan kepada mereka imbalan sepadan
Duhai ..Tuhanku
Bagaimana harus kubalas budi mereka???

http://mail.yahoo.com

Listen to Internet Radio! Access to your favorite Artists!
Click to listen to LAUNCHcast now!
http://us.click.yahoo.com/_mKGzA/GARHAA/kkyPAA/iPMolB/TM